Kapolri Jenderal Badrodin Haiti (istimewa)

Seruu.com - Pelaku pengeboman di Halaman Mapolresta Surakarta, Nur Rohman merupakan anggota kelompok Jamaah Anshar Daulah Khilafah (JAKDN) yang masih merupakan bagian dari kelompok radikal Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

"Jadi ini kelompok JAKDN, ini yang sempalan JI (Jamah Islamiyah) yang mendukung ISIS," kata Kapolri Jenderal Badrodin Haiti.

Kendati berbeda organisasi, Badrodin menduga adanya kemungkinan kelompok tersebut saling berkomunikasi. Terlebih, saat penangkapan pada Januari lalu ada beberapa jaringan JAKDN yang berhasil meloloskan diri dari tangkapan polisi.

"Bisa saja antar anak buah saling berkoordinasi satu sama lain. Hal itu bisa saja terjadi. Sejak Januari sampai sekarang, pasti kan ada komunikasi, ada jaringan-jaringan apakah itu jaringan kelompok awal yang masih di dalam. Bisa jadi mereka membentuk sel baru untuk melakukan aksi," tandasnya.

Sebagai informasi, jaringan JAKDN dulu pernah ditangkap lantaran merencanakan meledakkan bom di beberapa tempat. Yakni kuil Budha Kepunton Solo terkait isu Rohingnya, Mapolsek Pasar Kliwon dan kantor polisi lain di wilayah Surakarta, serta gereja di wilayah yang sama.

Mereka sedianya memilih waktu aksi pada 17 Agustus 2015 atau tepat pada peringatan hari kemerdekaan Indonesia untuk meledakkan bom yang dikendalikan dengan sistem timer. [nm]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU