Presiden Joko Widodo berdialog dengan pedagang di Pasar Giwangretno, Kebumen, Jawa Tengah, Senin (4/5).

Kebumen, Seruu.com - Usai meresmikan Pasar Manis Purwokerto I dan meninjau irigasi di Desa Kedunguter, Banyumas, Presiden Jokowi melanjutkan kunjungannya meresmikan Pasar Rakyat Giwangretno, di Kecamatan Sruweng, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Rabu (4/5) siang.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi selalu meminta kepada para pedagang untuk menjaga kebersihan pasar yang baru diresmikannya itu. "Jangan sampai kotor, pasar itu harus bersih," ujar Presiden.

Jika musim hujan, Presiden Jokowi mengingatkan para pedagang agar berusaha  menjaga supaya pasar tidak sampai becek. "Apalagi musim kering juga tidak boleh becek," tuturnya.

Jokowi juga meminta para pedagang agar menjaga pasar supaya tidak berbau. Caranya, kata Jokowi, mereka tiap hari bareng-bareng membersihkan agar pasarnya menjadi pasar yang bersih, tidak kalah dengan mall, tidak kalah dengan supermarket.

Selain itu, ia juga meminta kepada para pedagang agar menata rapih semua barang dagangannya. "Biar dilihat oleh pembeli itu enak sehingga tertarik untuk beli," ujarnya.

Pada kesempatan itu, ia membawa celemek sebagai oleh-oleh agar para pedagang punya seragam. "Tapi kalau ada pembeli datang, penjual harus tersenyum. Jangan ada pembeli penjualnya merengut, nggak laku nanti dagangannya," saran Jokowi yang disambut senyum para pedagang.

Pasar Rakyat Giwangretno, Kecamatan Sruweng, Kabupaten Kebumen dirubah secara signifikan, luas tanah menjadi 4.013 m2 dari semula 3.678 m2. Jumlah pedagang saat ini sebanyak 463 orang, sebelumnya hanya 411 orang; jumlah kios 73 unit, awalnya hanya 66 unit.

Aktifitas pasar sekarang buka setiap hari, tadinya hanya 2 kali seminggu; omsetnya mencapai Rp.104,175 juta per hari, sebelumnya hanya Rp.61,.650 juta per hari; dan saat ini dilengkapi mushola, kamar mandi, pos kesehatan, tera ulang, dimana  sebelumnya tidak punya fasilitas sama sekali.

[hs]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU