Seruu.com- Sebanyak 86 sekolah SMA/SMK di Surabaya yang terdiri dari 51 SMA/MA dan 35 SMK mulai mengunduh atau sinkronisasi soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada hari pertama jadwal sinkronisasi.
 


Teknisi SMKN 2 Surabaya, Hidayat, di Surabaya, Kamis (31/3) mengatakan sekolahnya sudah menyelesaikan pengunduhan atau sinkronisasi 14 server dengan kisaran waktu sinkronisasi tercepat selama 30 menit untuk setiap server, karena jaringan yang dimiliki lancar, sehingga semua server bisa disinkronisasi bersamaan.

"Proses sinkronisasi ini dilakukan ketika keadaan server sudah aktif, yang berarti sudah terhubung dengan pusat, lalu mulai dilakukan pembaruan sistem dan melindunginya. Kemudian dilakukan sinkron ulang atau mengunduh ulang data 1 sampai 9 yang ada," kata dia.

Ia mengatakan mengunduh ulang data-data tersebut kemungkinan berisi soal ujian, namun ketika mengunduh data 8 dan 9 membutuhkan waktu yang lama. Jika kecepatan sinkronisasi tergantung proktor yang mengoperasikan karena kecepatan internet juga sama.

"Mulai dari persiapan hingga berakhirnya sinkronisasi sekitar pukul 15.15 WIB, keadaan server masih dalam status aktif, sehingga andaikan belum selesai melakukan sinkronisasi, proses masih bisa dilanjutkan selama datam status aktif. Ini persiapan final kami, selebihnya mulai dari jaringan hingga pemasangan cadangan sudah siap," terangnya.

Sementara itu, Koordinator Posko UNBK Dinas Pendidikan (Dindik) Surabaya bagian Pusat, Harun Al Rasyid, menjelaskan, jadwal sinkronisasi yang harusnya didapatkan sejak Rabu (30/3/2016), baru diterima pada Kamis (31/3/2016) siang sekitar pukul 12.00 WIB.

Untuk hari pertama terdapat tiga sesi jadwal yang dikeluarkan pusat, yaitu mulai pukul 13.00-15.00, pukul 15.00-17.00 dan 17.00-19.00 WIB.

"Saya yakin proses sinkronisasi ini akan tuntas pada Sabtu (2/4/2016). Minimal memang 30 menit untuk setiap server melakukan sinkronisasi, dan ini bisa dilakukan selama server aktif," tuturnya.

Ia mengungkapkan jadwal sinkronisasi ini dimaksudkan agar server sekolah dapat secara bertahap terhubung dengan pusat untuk sinkronisasi. Jika dalam waktu dua jam sinkronisasi belum selesai dilakukan, sekolah bisa melanjutkannya selama server dalam keadaan aktif. [rep]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU