Perwakilan Warga Tiga Desa yang Terserang Ribuan Lalat Mendatangi Komisi C DPRD Bangkalan. (Foto: Miftahol/Seruu.com)

Bangkalan, Seruu.com – Masyarakat di tiga Desa di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, yaitu Desa Kramat, Desa Ujung Piring dan Desa Sembilangan, belakangan ini diresahkan dengan serbuan ribuan lalat yang bermunculan akibat pencemaran lingkungan dari usaha ternak ayam pedaging dan ayam petelur di Desa Kramat, Kecamatan Kota Bangkalan.

“Warga di sini sudah tidak nyaman lagi dengan datangnya ribuan lalat ini, masyarakat tidak bisa makan dengan nyaman. Begitu mau makan, ribuan lalat langsung mengerubuti makan yang akan dimakan,” terang tokoh masyarakat Dusun Morokolak Barat, Desa Sambilangan, Abdul Hadi, ketika mendatangi Komisi C DPRD Bangkalan, Kamis (9/1/2014).

Ia menjelaskan, masyarakat secara persuasif telah bertemu dengan pemilik ternak ayam tersebut dan pihak pemilik ternak ayam berjanji untuk melakukan fogging.

“Setelah itu dilakukan fogging, namun tindakan itu tidak efektif dua jam setelah fogging, lalat-lalat kembali berdatangan,” ujarnya.

Ia menambahkan, ribuan lalat tersebut semakin parah dalam satu bulan terkahir, murid-murid Sekolah Dasar (SD) tidak tenang saat belajar karena ruang kelas mereka dipenuhi oleh ribuan lalat.

“Tidak jarang anak-anak yang sakit perut akibat makanannya terkontaminasi virus dari lalat itu, kedatangan kami ke Komisi C ini untuk dapat meninjau kembali ijin usaha ternak ayam potong dan telur itu kalau tidak mengantongi ijin, maka kami minta agar segera ditutup atau dihentikan karena sudah meresahkan warga,” pintanya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi C, Faruq Alqomi, berjanji untuk segera menindak-lanjuti keluhan masyarakat di tiga Desa tersebut.

"Kami akan mengagendakan keluhan masyarakat ini untuk segera dirapatkan dengan pihak-pihak terkait dan untuk meninjau langsung ke lapangan pada Senin depan,” tandasnya. [ift]

Tags:

Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar