Bahrum Daido. (Foto: istimewa)

Makassar, Seruu.com - Aksi unjukrasa mahasiswa yang menuntut pembentukan daerah otonomi baru (DOB) Kabupaten Luwu Tengah diwarnai penyanderaan anggota DPR-RI. Anggota DPR-RI, Bahrum Daido itu disandera oleh mahasiswa dari Walenrang-Lamasi saat dalam perjalanan menuju Kabupaten Luwu Utara.

Politisi dari Partai Demokrat itupun hanya bisa pasrah dan mengikuti apa kemauan para mahasiswa yang berunjukrasa di jalur trans Sulawesi tersebut. Dalam aksi tersebut mahasiswa meminta kejelasan sikap anggota DPR dari Kabupaten Luwu tersebut terkait pembentukan Luwu Tengah.

Mahasiswa menganggap, pembentukan Luwu Tengah menjadi DOB masih terkatung-katung. Padahal, perjuangan pembentukan Luwu Tengah tersebut sudah dilakukan sejak sepuluh tahun lalu. "Perjuangan ini sudah dilakukan selama sepuluh tahun, tapi ada apa, hingga saat ini, belum disetujui oleh pemerintah," kata Indarwansyah, salah seorang pengunjukrasa.

Mereka menyayangkan sebab daerah lain yang baru berjuang soal pembentukan DOB, langsung disetujui. Padahal, mahasiswa menganggap, daerah Luwu Tengah sudah pantas dan siap menjadi daerah Kabupaten baru.

Menanggapi hal tersebut, Bahrum Daido mengatakan, bahwa seluruh berkas pembentukan Kabupaten Luwu Tengah sudah lengkap. "Tapi tidak bisa diketuk palu di DPR-RI lantaran tidak ada satupun dari pihak pemerintah daerah dan anggota DPRD Luwu mengawal aspirasi tersebut," kata Bahrum Daido yang duduk di atas aspal bersama mahasiswa.

Usai menjelaskan di hadapan mahasiswa, mahasiswa kemudian melepaskan Bahrum Daido dan mengizinkan untuk melanjutkan perjalanannya ke Luwu Utara.

Sementara itu, aksi mahasiswa tersebut juga melumpuhkan arus lalu lintas di trans Sulawesi. Bahkan antrian kendaraan terjadi hampir 5 km. Mahasiswa mengancam akan melakukan aksi demo hingga tuntutan pembentukan Luwu Tengah terwujud. [HSB]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar