Ilustrasi. (Foto: Istimewa)
Peserta harus menandatangani surat pernyataan bersedia mengganti biaya yang telah dikeluarkan panitia Rp15 juta di atas kertas bermaterai Rp 6.000 apabila mengundurkan diri setelah dinyatakan lulus ---

Medan, Seruu.com - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sumatera Utara menegaskan para pelamar CPNS Pemprov Sumut agar benar-benar siap menjadi PNS.

Karena, jika para CPNS sudah dinyatakan lulus, maka tidak ada istilah mundur. Bila mundur, maka juga harus siap membayar denda sebesar Rp15 juta, selain hak nya untuk mengikuti tes CPNS beberapa tahun ke depan juga tidak akan diberikan.

"Peserta harus menandatangani surat pernyataan bersedia mengganti biaya yang telah dikeluarkan panitia Rp15 juta di atas kertas bermaterai Rp 6.000 apabila mengundurkan diri setelah dinyatakan lulus," tegas Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumut, Pandapotan Siregar kepada wartawan, Kamis (19/9/13).

Dijelaskan Panda, ketentuan itu berdasarkan ketetapan Gubernur Sumatera Utara, dalam Pengumuman Nomor 800/17787/BKD/II/2013 tentang Pengadaan CPNS Pelamar Umum dan Pelatih Olahraga dari Atlit Berprestasi Pemprovsu tahun 2013 tertanggal 18 September.

Namun, Panda menerangkan, ketentuan ini belum tentu berlaku untuk daerah Kabupaten Kota yang juga membuka pendaftaran CPNS. Itu tergantung aturan yang dibuat bupati/walikota masing-masing.

Disebutkan ujian CPNS Pemprovsu berlangsung pada Minggu, 3 November 2013 secara serentak di 14 kabupaten/kota Sumut dan seluruh daerah di Indonesia yang membuka penerimaan CPNS, yang ditentukan Kementerian Pendayaagunaan dan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Pendaftaran sendiri, akan dibuka mulai 23 September sampai 4 Oktober 2013. Untuk calon Pelamar Umum dan Pelatih Olahraga dari Atlit Berprestasi Pemprovsu tahun 2013, usianya antara 18 tahun hingga 35 tahun. Calon pelamar bebas mendaftar dari daerah manapun, selagi berdomisili di wilayah NKRI.

Calon peserta dalam mendaftar, hanya melampirkan pas foto hitam putih 3x4 cm enam lembar, foto copy ijazah dan transkrip nilai, foto KTP 1 lembar.

"Persyaratan ini dilampirkan pada surat lamaran tulisan tangan sendiri bertinta hitam dan bermaterai Rp 6.000 yang ditujukan kepada Gubsu. Lamaran dikirim via Kantor Pos (khusus Pemprov)," ujar Panda.

Di amplop lamaran dicantumkan nama formasi jabatan, kode formasi jabatan, kualifikasi pendidikan dan kode pendidikan yang dilamar (kecuali atlit berprestasi tidak perlu mencantumkan kode pendidikan) serta alamat yang jelas dan lengkap sesuai KTP.

Selanjutnya jika berkas lamaran sudah sesuai syarat, maka nomor ujian akan dikirim ke alamat calon peserta dengan menggunakan Pos.

" Dengan menggunakan Pos, akan terminimalisir adanya peluang kepentingan dan persekolan," ujarnya.

Sementara itu, dijelaskan Panda, menyangkut materi soal ujian, sepenuhnya akan disiapkan oleh Kemenpan RB yang diperoleh dari 15 konsorsium perguruan tinggi negeri. Master soal dikirim ke Pemprovsu untuk kemudian digandakan melalui Universitas Sumatera Utara (USU) sesuai jumlah pelamar yang diterima. Kabupaten/kota juga akan menggandakannya masing-masing lewat USU.

"Penyerahannya ke daerah secara serentak dan dibuat berita acaranya serta akan dikawal pihak yang berwajib," ujanya.

Setelah itu, Lembar Jawaban Komputer (LJK) akan disiapkan oleh Kemenpan RB dan akan diterima Sumut menjelang pelaksanaan ujian. Pemprovsu akan langsung menyerahkan LJK kepada tim Kemenpan setelah ujian selesai dan kabupaten/kota paling lama besok harinya setelah ujian selesai.

Sementara itu, disebutkan pula, untuk formasi CPNS di 14 kabupaten dan kota lainnya, yakni Nias 220, Nias Barat 200, Nias Utara 203, Nias Selatan 50, Labuhan Batu Utara 40, Batubara 96 Padang Lawas 91, Padang Lawas Utara 122, Sibolga 70, Tapanuli Tengah 35, Tapanuli Utara 40, Deliserdang 35, Tanjungbalai 70 dan Labuhan Batu Selatan 82. [Yan Adrian]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar