Ilustrasi (istimewa)

Sangatta, Seruu.com - Balai Taman Nasional Kutai (TNK) Kalimantan Timur pada akhir 2013 akan membangun Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dengan nama "Manggala Agni", yakni berupa pembentukan regu kebakaran hutan dan markas daerah operasi (Daops)

Kepala Balai Taman Nasional Kutai, Erli Sukrismanto, Jumat, mengatakan pembangunan Brigade Pengedalian Kebakaran Hutan itu beranggotakan 28 orang dari unsur masyarakat.

"Anggaran untuk program tersebut merupakan bantuan dari Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan sebesar Rp2 miliar," kata Erli Sukrismanto.

Setiap satu regu dalam Brigade Pengedalian Kebakaran Hutan "Manggala Agni" beranggotakan sebanyak 15 0rang yang terdiri atas 1 komandan regu dari pegawai negeri sipil (PNS) dan 14 orang dari masyarakat biasa yang direkrut.

Sebanyak 28 orang pasukan nanti akan direkrut sekitar bulan November 2013 dari masyarakat sekitar dengan kriteria berpendidikan minimal SMP dan berbadan sehat.

Dijadwalkan pada bulan November 2013 mulai direkrut dan pada Januari 2014 akan mengikuti pelatihan serta pada Februari 2014 sudah mulai bekerja.

"Untuk pelatihan, TNK akan bekerja sama Badan Penanggulangan Bencada Daerah (BPBD) agar bagaimana mereka nantinya mampu melaksanakan tugas di lapangan," ujar Erli.

Ia mengatakan, mereka akan dilatih agar mampu bekerja dan menjalankan tugasnya sebagai Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan penanganan lainnya yang terkait dengan pengendalian hutan.[ant/ast]

Tags:

Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar