Pedagang sembako di pasar KLD Bangkalan. (Foto: Miftahol/Seruu.com)

Bangkalan, Seruu.com - Harga cabe rawit di pasar tradisional Ki Lemah Duwur (KLD) Bangkalan, Madura, Jawa Timur, terus mengalami kenaikan harga dari minggu sebelumnya.

Kenaikan tersebut selain dipicu cuaca yang tidak bersahabat terhadap tanaman cabe rawit, juga disebabkan imbas dinaikkannya harga bahan bakar minyak BBM oleh pemerintah, akhir pekan lalu.

"Minggu pertama bulan Juni harga cabe rawit Rp16.000/Kg, minggu kedua Rp20.000/kg dan minggu ketiga setelah BBM naik harga cabe rawit naik lagi menjadi Rp32.000/kg," ujar salah seorang pedagang Sembako di pasar KLD Bangkalan, Maftuhah, Senin (24/6/2013).

Kenaikan harga selain terjadi pada cabe rawit,  dikatakan Maftuhah, juga terjadi kepada semua harga kebutuhan pokok, rata-rata ada kenaikan antara Rp500 hingga Rp1.000.

"Selain karena kenaikan BBM, juga mau menghadapi bulan Ramadhan jadi harga-harga kebutuhan pokok pada naik semua dan biasanya pembeli belinya 1 kg sekarang mengurangi menjadi 1/2kg," katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, kenaikan harga yang paling tinggi juga terjadi pada harga telur broiler, minggu pertama bulan Juni Rp16.000/kg, menjelang kenaikan BBM Rp18.000/kg dan sekarang naik lagi menjadi Rp19.500/Kg.

"Harga tomat juga yang paling tinggi kenaikannya dari awal Juni Rp7.000/Kg, minggu kedua menjadi Rp9.000/Kg dan sekarang menjadi Rp10.000/Kg," ungkapnya. [Ift]


 

Tags:

Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar