Kuasa Hukum pasangan NU, Abdul Sukur saat di Surabaya, Selasa (28/5/2013) (Foto: Yudi/Seruu.com)

Surabaya, Seruu.com - KPU Kabupaten Lumajang dianggap akan menggelar Pilkada cacat hukum  yang akan digelar pada esok hari, Rabu (29/5/2013). Dikatakan pilkada cacat hukum, Karena salah satu pasangan yang disahkan oleh KPU Kabupaten Lumajang yaitu pasangan Ali Mudhori dan Samsul Hadi (ASA) yang diusung oleh PKB pencalonannya telah dibatalkan oleh PTUN Surabaya dan Mahkamah Agung (MA) atas gugatan dari pasangan yang sebelumnya dibatalkan oleh KPUD Lumajang yaitu pasangan Usman Efendi dan Ahmad Jauhari (NU).

Kuasa Hukum pasangan NU, Abdul Sukur saat ditemui di Surabaya, Selasa (28/5/2013) mengungkapkan bahwa meski seandainya KPU Lumajang besok nekat menggelar Pilkada maka pilkada tersebut dianggap cacat hukum.

”Dianggap cacat hukum karena diikuti oleh calon yang dibatalkan oleh hukum. Secara otomatis hasil atau produknya cacat hukum juga,”terangnya

Abdul  Sukur menjelaskan  dalam Pilkada di Lumajang, KPUD tidak melihat adanya putusan PTUN Surabaya dan MA sehingga tetap mengesahkan pasangan ASA sebagai calon Cabup.

”Klien kami telah menang dan berhak untuk menjadi calon Cabup Lumajang. Bukan pasangan ASA yang pencalonannya sudah dibatalkan oleh pengadilan. Dasar kami adalah putusan PTUN Surabaya no 58/G.PTUN/SBY/2013 dan dikuatkan dengan putusan MA no 210 k 2013,”lanjut Abdul Sukur.

Dijelaskan lagi oleh Abdul Sukur, jika nantinya besok, Rabu (29/5/2013) pilkada tetap dilangsungkan, maka pihaknya akan segera mendaftarkan gugatan ketingkat MK  untuk membatalkan hasil pilkada tersebut.

”Kami berharap dengan membawa kasus ini ketingkat MK, Pilkada yang akan digelar besok dapat dibatalkan dan digelar pilkada ulang dengan memasukkan pasangan NU sebagai Cabup Lumajang,”tandasnya.  [Yud]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: star goldstar goldstar goldstar goldstar gold (1 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar