Kecelakaan karambol di Krumput Banyumas Jateng (Foto: Prayitno/Seruu.com)

Banyumas, Seruu.com - Sopir truk tronton nopol L 9929 UY, Sugiyanto, warga Karangbinangun, Kabupaten Lamongan (Jatim) ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus kecelakaan karambol yang melibatkan empat buah kendaraan di jalur menurun, Desa Kejawar, Kecamatan Banyumas  (Jateng). Kecelakaan yang melibatkan mikrobus, truk tronton, bus Sinar Jaya dan mobil box terjadi di jalur Purwokerto – Yogyakarta, Sabtu (22/12/2012) pagi.

Kasat Lantas Polres Banyumas, AKP Chalid Mawardi, mengatakan, berdasarkan hasil pemriksaan, rem truk tronton dalam kondisi baik. Namun, saat di jalan menurun sopir tidak menguasai medan, sehingga tidak bisa mengontrol kecepatan laju truk. Muatan truk juga tidak melebihi kapasitas, sehingga penyebab utama kecelakaan karena sopir truk lalai dan tidak menguasai medan.

"Rem truk dalam kondisi baik dan masih berfungsi normal, hanya saja sopir tidak menguasai medan, sehingga saat di jalan menurun kecepatannya tidak menyesuaikan dan saat didahului oleh mikrobus, truk tronton  tetap melaju kencang sehingga menabrak bagian belakang mikrobus," kata Chalid Mawardi, Minggu (23/12/2012).

Saat ini, Sugiyanto masih menjalani pemeriksaan di Polres Banyumas. Polisi juga sudah meminta keterangan dari sejumlah saksi yang mengetahui kecelakaan tersebut.

Sementara itu, sopir mobil box, Eric (45), warga Kalibogor, Kecamatan Purwokerto Barat masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Siaga Medika, Banyumas.  Eric mengalami patah tulang pada kakinya akibat terjebit mobil.

Seperti diberitakan Seruu !! (Sabtu, 22/12/2012), tabrakan karambol melibatkan empat buah kendaraan terjadi di jalur maut di wilayah perkebunan karet Krumput, Kejawar, Banyumas (Jateng), Sabtu (22/12/2012) pagi sekitar pukul 09.00 WIB. Meski tidak ada korban jiwa, namun akibat kecelakaan itu jalur Purwokerto – Yogyakarta mengalami kemacetan hingga beberapa jam.

Sejumlah saksi mata menuturkan, kecelakaan berawal ketika truk tronton yang mengangkut mesin nopol L 9929 UY melaju dari arah Selatan (Buntu) menuju Banyumas. Truk yang dikemudikan Sugiyanto, warga Karangbinangun, Kabupaten Lamongan (Jatim) ini berusaha menyalip bus PO Langgeng berpelat nomor R-1446-BB jurusan Cilacap-Purwokerto yang dikemudikan Sobiran, warga Desa Pekuncen, Kecamatan Kroya, Cilacap.

Dari arah berlawanan, tiba-tiba muncul sebuah bus PO Sinar Jaya nopol B-7016-FGA jurusan Wonosobo-Bandung yang dikemudikan oleh Ohan, warga Cikanyere, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.  Truk tronton tersebut menyenggol bagian belakang bus PO Sinar Jaya hingga akhirnya terguling dan meluncur ke jalan menurun menuju arah Utara (Banyumas).

Saat truk tronton itu meluncur ke bawah, dari arah Banyumas datang sebuah truk boks berpelat nomor B-8164-YH yang bermuatan roti Ramona dan dikemudikan Erik, warga Kalibogor, Kecamatan Purwokerto Barat, Banyumas. Namun nahas, bagian kabin sopir truk Ramona tersebut tertimpa mesin yang diangkut truk tronton sehingga sopirnya terjepit. Bahkan, oli dari mesin itu tercecer sehingga jalanan menjadi licin. [Py]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: star goldstar goldstar goldstar goldstar gold (1 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar