Foto: Ilustrasi

Padang Aro, Seruu.Com -  Kerugian akibat banjir yang melanda Kabupaten Solok Selatan, Sumatra Barat, pada Kamis (13/12) malam mencapai Rp9,135 miliar.

Kepala Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok Selatan Hamudis di Padang Aro, Sabtu (15/12/2012), menyebutkan kerugian itu berupa kerusakan rumah warga sebesar Rp925 juta, fasilitas umum Rp6,23 miliar, materi Rp1,5 miliar, dan sawah dengan luas 150 hektare senilai Rp450 juta.

"Data ini masih bersifat sementara, sehingga bisa mengalami perubahan setiap saat. Petugas di lapangan saat ini juga masih terus melakukan pendataan," ujarnya.

Banjir bercampur lumpur, pasir, bebatuan, dan kayu gelondongan akibat hujan deras yang melanda Solok Selatan pada Kamis (13/12) itu menyebabkan 32 rumah warga rusak berat, 27 rumah rusak sedang, dan 80 rumah rusak ringan. Selain itu, sebanyak 121 rumah terendam dan dua hanyut.

Sedangkan fasilitas umum yang rusak terdiri dari gorong-gorong dua unit dan dua jembatan. Selain itu, empat bangunan sekolah dan satu kantor kelompok tani juga rusak. "Rumah rusak akibat dihantam lumpur dan kayu gelondongan yang terbawa oleh banjir. Kerusakan terbanyak di Sungai Pangkua, Nagari Pakan Rabaa, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh," ujarnya. [ant]

Tags:

Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar