Ribuan guru di tingkat Sekolah Dasar (SD) yang mengukuti Ujian Kompetensi Guru (UKG) tahap ke II, yang berlangusng di kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Jumat (19/10/2012) (Foto: Miftahol/Seruu.com)

Bangkalan, Seruu.com - Ribuan guru di tingkat Sekolah Dasar (SD) yang mengukuti Ujian Kompetensi Guru (UKG) tahap ke II, yang berlangusng di kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, rata-rata gagap teknologi (Gaptek), sehingga para guru terserbut dalam mengerjakan soal UKG di bantu oleh operator dan penjaga ruang.

”Dari semua perserta UKG tahap ke II, dari tingkat TK/SD/SMP/SMA dan SMK/ yang banyak tidak mengusai teknologi computer di dominasi oleh para guru sekolah dasar (SD) yang sudah ber umur 40 tahun ke atas,” ujar Moh. Kamil, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan, Jum’at (19/10/2012).

Dijelaskan Kamis, sehingga mereka kesulitan dalam mengerjakan soal secara online, sementara untuk guru yang lain kemampuan dan pengusaan komputernya sudah hampir 100 persen bagus.

“Pelaksanaan UKG tahap ke II yang berlangsung di Bangkalan, di tempatkan di 9 lembaga sekolah, diantara di 4 lembaga SMP, 3 lembaga SMA dan di 2 lembaga SMK,” ungkapnya.

Ditambahkan Kamil, pelaksanaan UKG tersebut berlangsung selama 5 hari, yakni mulai tanggal 16-20 Oktober dengan dikuti 2.730 peserta dan hasil dari nilai UKG tersebut tidak menentukan ke lulusan.

“Jadi hasil dari tes UKG untuk pemetaan kompetensi para guru, selanjutnya dari hasil pemetaan akan di ikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan,” pungkasnya. [ift]

KOMENTAR SERUU