Ilustrasi (Istimewa)

Toboali, Bangka Selatan, Seruu.com - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Babel terus mendorong masyarakat untuk menggalakkan budidaya ikan segar agar kehidupannya tidak terus bergantung pada hasil pertambangan timah yang depositnya kian terbatas.

"Dengan mengembangkan budidaya ikan segar masyarakat akan lebih siap untuk menghadapi era pascatimah sekitar sepuluh tahun ke depan," ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan, Kristiatlizar di Toboali.

Secara perlahan sebaiknya masyarakat mulai membuka tambak pemeliharaan ikan segar selain melakukan pekerjaan yang sudah biasa dilakukan sebagai penambang timah agar nantinya ketika stok timah menipis sudah memiliki solusi untuk tetap melanjutkan kehidupan.

Secara ke seluruhan jumlah pengelola budidaya ikan segar di Bangka Selatan masih tetap dibandingkan jumlah sebelumnya yaitu di Kecamatan Lepar Pongok 10 kelompok tani dan Tukak Sadai enam kelompok.

Menurut dia, Bangka Selatan terkenal dengan hasil ikannya karena merupakan daerah kepulauan sehingga sumber kehidupan masyarakat sangat tergantung dari hasil perikanan.

Ia menjelaskan, produksi ikan segar di Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencapai 134,40 ton dengan atau mengalami peningkatan dibanding tahun sebelunya sebanyak 23,88 ton.

"Peningkatan ini terjadi seiring maraknya pengembangan budidaya ikan segar dan permintaan konsumen di daerah maupun luar daerah terus meningkat," ujarnya.

Sementara itu, jika dilihat dari jumlah anggota pengelolanya dan luas lahan budidayanya terus mengalami peningkatan, sehingga secara otomatis bisa memproduksi ikan segar sesuai target sebelumnya.

"Jika dilihat dari harga jual ikan segar di Bangka Selatan masih tetap dibanding tahun-tahun sebelumnya sebanyak Rp150 ribu per kilogram (kg) dengan total nilai jual selama 2011 mencapai Rp20.160 juta," ujarnya.

Ia mengatakan, produksi ikan segar ini memiliki total nilai jual yang paling besar dibandingkan pengolahan ikan lainnya seperti terasi, ikan asin dan pengolahan ikan lainnya.

Di samping itu, kata dia, pengolahan ikan segar ini juga sangat menjanjikan karena hasilnya tinggi bisa bersaing dengan produksi pengolahan ikan lainnya.[ant]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar