Ilustrasi (Istimewa)

Tangerang, Seruu.com - Sungai Cisadane, Tangerang, Banten, mengalami kekeringan dan penurunan debit air sejak Juli lalu akibat musim kemarau.

Kepala Bendungan Sungai Cisadane, Sumarto di Tangerang, Selasa, mengatakan ketinggian air di sungai Cisadane saat ini mencapai 11,40 meter. Padahal, batas normal ketinggian air yakni 12,45 meter hingga 12,50 meter.

"Sejak Juli, setiap harinya debit air di Sungai Cisadane mengalami penurunan 20 sentimeter," kata Sumarto yang ditemui saat melakukan pemantauan di bendungan Cisadane.

Untuk mengatasi kekeringan tersebut, Sumarto menuturkan, sebanyak 10 pintu bendungan ditutup agar persediaan air khususnya untuk warga Tangerang tetap ada.

Karena bila bendungan itu dibuka, maka akan semakin habis dan menimbulkan masalah bagi perusahaan atau industri dan warga yang bergantung air dari Sungai Cisadane.

"Kalau bendungan dibuka, yang ada nanti warga dan perusahaan bisa marah karena mereka semuanya bergantung air dari Sungai Cisadane," katanya.

Petugas penjaga bendungan Sungai Cisadane, Sukri mengatakan, pihaknya terus melaporkan penurunan ketinggian air di Sungai Cisadane setiap harinya kepada Pemerintah Provinsi Banten.

Sebanyak tiga petugas yang berjaga setiap harinya, melakukan pengukuran ketinggian air. Penurunan ketinggian air yang terjadi saat ini sudah di ambang batas.

"Penurunan ketinggian air di Sungai Cisadane sudah sangat memprihatinkan karena sangat drastis dari batas normal. Apalagi, dasar sungai cisadane sudah terlihat," katanya.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah II Ciputat, Subarjo, mengatakan bila musim kemarau akan berlangsung hingga bulan November.

Adapun penyebabnya adalah karena suhu permukaan air laut masih rendah sehingga menyebabkan tidak terjadinya penguapan air laut yang menjadi hujan.

"Musim kemarau pada tahun ini diperkirakan akan terjadi dalam kurun waktu yang panjang dibandingkan tahun sebelumnya karena suhu air laut rendah," katanya.[ant]

Tags:

Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar