Foto Ilustrasi

Blora, Seruu.Com - Jalan provinsi Purwodadi, Kabupaten Grobogan menuju Kabupaten Blora saat ini tengah diperbaiki sehingga arus lalu lintas tersendat karena diberlakukan sistem buka tutup.

Pengamatan di sepanjang jalan dari Semarang menuju Blora, Sabtu (5/5/2012), menunjukkan perbaikan jalan rusak yang diperbaiki mulai ruas jalan Godong--Purwodadi hingga Ngawen--Blora.

Perbaikan jalan dilakukan oleh Dinas Bina Marga Jawa Tengah dengan betonisasi satu arah sehingga kendaraan yang lewat harus satu per satu dengan sistem buka tutup.

"Ini tadi antrenya panjang sekali karena hanya satu kendaraan yang lewat," kata Pajri, sopir travel jurusan Semarang-Blora.

Ia mengaku sudah terbiasa dengan kondisi jalan rusak dan jika ada perbaikan, waktu perjalanan semakin lama dari jadwal.

Pengamat Transportasi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang Djoko Setijowarno mengatakan bahwa sistem betonisasi sangat baik karena usia jalan lebih lama.

"Permasalahannya, jika tidak ada pengawasan terhadap material, tidak dapat dijamin kualitas jalan baik," kata Doko.

Sesuai dengan desain, lanjut Djoko, jalan provinsi yang ada di Jateng didesain dengan usia sekitar 10 tahun, dan hal tersebut perlu diimbangi dengan pengawasan tonase kendaraan dan material yang sesuai dengan spesifikasi desain.

"Maksimalnya 8 ton, bukan trailer. Itu perlu pengawasan agar sesuai dengan target," demikian Djoko Setijowarno.

Tags:

Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar