Budhe Karwo Berinteraksi dengan Balita di PUSYAN GATRA

Surabaya, Seruu.com - Masih banyaknya masalah keluarga dalam menuju keluarga sejahtera di Jatim, BKKBN membuka Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera(Pusyan Gatra) di Jatim.Pusyan Gatra ini menyediakan pelayanan konseling bagi masyarakat yang membutuhkan tanpa dipungut biaya.

Ketua PKK Jatim, Nina Soekarwo mengatakan Pusyan Gatra adalah sebuah wadah yang menyinergikan antara gerak pelayanan dan konseling program KB. Mulai dari persoalan balita, remaja yang membutuhkan pengetahuan dan penanganan persoalan keluarga dapat memanfaatkan pelayanan tersebut.  

”Sasaran dari lembaga ini yaitu keluarga yang telah menjadi peserta KB serta masyarakat secara umum seperti pelayanan keluarga berencana dan kesehatan reproduksi,”pungkasnya.

Terkait pelayanan tersebut, wanita yang akrab dipanggil bude Karwo ini mengatakan, ada beberapa kategori yaitu komunikasi informasi penyuluhan/konseling (KIP/K) KB dan Kesehatan reproduksi dan tindakan pelayanan kontrasepsi selain MOW.

Selain pelayanan tersebut, lembaga ini juga melayani KIP/K bina balita, bina keluarga remaja, kesehatan reproduksi dan bina keluarga lansia serta pemberdayaan keluarga melalui UPPKS.”Yang perlu mendapat perhatian serius adalah persoalan remaja. Seperti pencegahan HIV AIDS, Narkoba dan sex bebas,”katanya.

Budhe menjelaskan, tugas Pusyan Gatra adalah melakukan pendekatan kepada anggota keluarga yang berusia remaja dan mahasiswa. Hal-hal yang berdampak buruk bagi generasi muda harus ditanggulangi dengan melakukan pendekatan dan sosialisasi.

Dalam kesempatan yang sama, kepala BKKBN Perwakilan Provinsi Jatim Djuwartini. mengatakan, tujuan dibentuknya Pusyan Gatra ada empat, yakni pertama, mewujudkan misi program KB dalam mewujudkan keluarga kecil sejahtera.

Kedua, meningkatkan kualitas pelayanan Kependudukan dan Keluarga Berencana (KKB) secara terpadu dan terintegrasi kepada masyarakat melalui pemantapan ketahanan serta pemberdayaan keluarga. Ketiga mendorong percepatan pencapaian PPM dalam mewujudkan keluarga sejahtera. Keempat, peningkatan pendewasaan usia perkawinan pertama bagi remaja. [yud]

Peraturan Komentar