Pekanbaru, Seruu.Com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Pekanbaru memprakirakan jumlah curah hujan pada Maret ini di sebagian besar Provinsi Riau masih tinggi.

"Hal ini karena memang di sebagian besar wilayah Riau masih musim hujan dan diprakirakan mencapai puncaknya pada April mendatang," kata Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Pekanbaru Slamet Riyadi di Pekanbaru, Senin (12/3).

Sementara itu, konsentrasi peluang hujan terbesar untuk Riau terkosentrasi di Riau bagian barat, tengah, dan selatan. Sebab, arah pergerakan massa udara dominan berasal dari barat yang berasal dari Samudra Hindia.

Sifatnya, menurut Slamet, juga masih basah dan banyak membawa uap air. Namun faktor lain yang juga pengendali hujan yaitu suhu permukaan laut di Samudra Hindia dan wilayah Indonesia bagian Barat yang dingin.

"Hal tersebut kemudian mempengaruhi aktivitas pertumbuhan awan hujan yang signifikan, terutama untuk wilayah Sumatra bagian barat dan sebagian besar Indonesia juga bagian barat, termasuk Riau," katanya.

Dari pengamatan peta curah hujan di Maret ini, kata Slamet, distribusi curah hujan untuk wilayah Riau masih cenderung merata, yakni berkisar 21,0 hingga 300,0 milimeter (mm).

"Namun ada juga beberapa wilayah kabupaten/kota yang curah hujannya cenderung di atas normal. Antara lain adalah Kabupaten Bengkalis bagian timur dan sebagian kecil Kota Dumai. Sementara wilayah Riau yang berkemungkinan mengalami curah hujan sedang antara lain adalah Kabupaten Rokan Hilir, Meranti dan bagian timur Kabupaten Siak," ujarnya.

Begitu juga dengan kabupaten/kota di Provinsi Riau lainnya, menurut Slamet, masih berpeluang dilanda hujan dengan curah tinggi.

"Kondisi demikian menyebabkan sejumlah daerah, khususnya yang berada di sekitar daerah aliran sungai (DAS), rawan bencana banjir." [ant]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar