Semarang, Seruu.Com - Universitas Diponegoro Semarang akan membangun waduk sebagai salah satu upaya membantu mengatasi banjir yang kerap melanda Kota Semarang, Jawa Tengah, sekaligus sebagai laboratorium observasi mahasiswa.

"Kami sedang merancang pembangunan waduk di lingkungan Undip untuk membantu mengatasi banjir," kata Rektor Undip Prof Sudharto P. Hadi, usai bertemu dengan Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro di kampus Undip Semarang, Rabu (22/2).

Pertemuan dengan Menhan Purnomo Yusgiantoro tersebut dimaksudkan untuk membahas rencana pembangunan waduk, mengingat letak waduk yang berbatasan dengan lahan milik Komando Daerah Militer (Kodam) IV/Diponegoro.

Kebetulan, kata Sudharto, letak lahan yang direncanakan dibangun waduk itu berbatasan dengan lahan Kodam IV/Diponegoro dan nantinya dimungkinkan waduk tersebut akan "memakan" sedikit lahan untuk latihan tempur tersebut.

"Karena itu, kami akan mencoba membahas dan merundingkan bagaimana jalan keluar terbaiknya. Apalagi, Pak Menteri (Purnomo Yusgiantoro, red.) hadir untuk membantu membahas rencana pembangunan waduk itu," katanya.

Menurut dia, waduk seluas 30 hektare itu semula direncanakan berada sepenuhnya di tanah Undip, namun setelah dilakukan pengkajian harus memanfaatkan tanah menjorok seluas 10 ha milik Kodam IV/Diponegoro.

"Kemungkinan nanti waduk itu akan memanfaatkan lahan milik Kodam IV/Diponegoro. Namun, kami rasa tidak ada masalah nantinya, sebab nantinya waduk itu juga bisa dimanfaatkan bersama oleh kedua pihak," katanya.

Selain untuk mengatasi banjir karena letaknya yang berada di daerah tangkapan air, kata dia, Undip akan memanfaatkannya untuk laboratorium dan observasi dosen dan mahasiswa, seperti teknik sipil, perikanan, dan lingkungan.

"Saat ini, proses pembangunan waduk itu sudah masuk tahap melanjutkan studi kelayakan dan desain. Kami juga melibatkan secara aktif pihak Kodam IV/Diponegoro dalam pembahasan pembangunan waduk tersebut," kata Sudharto.

Sementara itu, Menhan Purnomo Yusgiantoro mengaku mendukung rencana pembangunan waduk pendidikan itu, sebab pemanfaatan fasilitas itu nantinya bisa disinergikan oleh kedua pihak, untuk kepentingan pendidikan dan militer.

"Pada prinsipnya, kami melihat rencana waduk itu baik. Rasanya tidak ada masalah, kami akan kirim tim teknis untuk menginventarisir luasan tanah Kodam IV/Diponegoro, berapa yang akan dipakai untuk pembuatan waduk itu," katanya.

Berkaitan dengan pemanfaatan, Purnomo mengatakan, nantinya waduk itu bisa juga dimanfaatkan untuk latihan pengamanan objek vital oleh TNI dan menunjang latihan tempur, selain pemanfaatan dari aspek lingkungan dan pendidikan. [ant]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar