Wonosobo, Seruu.Com - Aktivitas kegempaan Gunung Sindoro yang saat ini masih waspada naik. Pantauan terakhir, Senin (20/2) suhu udara di sekitar gunung mencapai 26 derajat celcius, gempa seismik vulkanik sebanyak 2 kali.

Sehari sebelumnya gempa seismik hanya terjadi 1 kali, sementara suhu mencapai 27 derajat celcius dengan disertai hujan deras dan arah angin ke barat.

Koordinator SAR Wonosobo, Muhail Efendi mengatakan, aktivitas kegempaan itu terus muncul. Dia mencontohkan, setelah statusnya dinaikkan, pihaknya terus merekam aktivitas gempa vulkanik dalam dan gempa vulkanik dangkal, termasuk terjadinya asap embusan dari kawah gunung itu. "Saat ini masih ada larangan naik ke radius 2 kilometer gunung," katanya, Senin (20/2).

Dia bersama tim SAR lain dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) saat ini juga masih melakukan pemantauan di sekitar gunung untuk mengikuti perkembangan. Selain itu, dalam pekan ini, pihaknya juga berencana menggelar koordinasi gabungan.

Juru kunci Gunung Sindoro Mbah Amin mengatakan, aktivitas gunung Sindoro masih aktif dan masih mengancam sehingga diperlukan kewaspadaan.

Menurutnya, dalam waktu dekat akan digelar doa bersama dengan sejumlah masyarakat di lereng gunung. Ia juga meminta agar para pendaki maupun warga untuk tidak mendekat dan beraktivitas dalam radius dua kilometer dari kawah gunung. "Saya minta warga untuk berhati-hati karena gunung masih mengancam," katanya. [sm]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar