Palangka Raya, Seruu.Com - Dari hasil rapat pimpinan agama, pimpinan organisasi masyarakat (Ormas), dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kalteng, ditetapkan lima pernyataan terhadap penolakan pembentukan Front Pembela Islam (FPI) di Kalimantan Tengah.

"Pada hari ini, Senin, 13 Pebruari 2012, bertempat di Aula Jayang Tingang kami menyatakan sikap terkait aksi penolakan pembentukan Front Pembela Islam (FPI) di Kalteng," kata Wakil Gubernur Kalteng, Ir H Acmad Diran, di Palangka Raya, Senin (13/2).

Menurut Diran, isi lima pernyataan sikap itu adalah, pertama, semua pimpinan agama, pimpinan Ormas dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kalimantan Tengah, menyatakan bahwa penolakan pelantikan FPI tersebut tidak ada kaitannya dengan agama dan suku.

Kedua, agar kejadian tersebut tidak terulang kembali dan semua pihak wajib bersama-sama menjaga kebersamaan dan ketentraman serta kerukunan umat beragama dan memelihara tri kerukunan umat beragama sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Ketiga, sepakat menyatakan masalah tersebut telah selesai dan semua pihak siap untuk kembali menciptakan kondisi Kalteng yang rukun dan damai. Keempat, hindari upaya adu domba dalam masyarakat dan tindak tegas pelakunya sesuai dengan hukum yang berlaku.

Kelima, tingkatkan persatuan dan kesatuan dengan semangat huma betang di Bumi Tambun Bungai Bumi Pancasila Kalteng, tegas H Achmad Diran.

Pernyataan sikap tersebut, jelas dia, dibuat untuk diketahui dan dilaksanakan secara bersama-sama demi keutuhan dan kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Secara terpisah, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalteng, Brigjend Pol Drs H Damianus Djakie menegaskan, pihaknya siap menindak tegas pelaku aksi pembakaran pada saat penolakan pembentukan FPI tersebut.

"Silahkan saja laporkan ke Polres Kota Palangka Raya, dan siap menindaklanjuti laporan tersebut," tegas H Damianus Jakie. [ant]

Tags:

Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar