Buah Naga

Magelang, Seruu.com -  Menjelang perayaan tahun baru Imlek 2563, buah naga banyak diburu pembeli. Para pembudidaya tanaman yang tergolong langka itu kebanjiran order dan cukup kewalahan melayani permintaan dari berbagai kota besar di Jawa.

"Panen sebanyak dua kuintal buah naga merah langsung habis terjual. Bukan diborong, tapi dibeli eceran. Rata-rata setiap pembeli hanya membeli dua biji," kata Ridwan (43), petani buah naga di Magelang (Jateng), Rabu (18/1/2012).

Menurut Ridwan, dari 1.500 pohon naga yang ditanam kebun di tepi jalan raya Magelang itu tidak berproduksi maksimal. Dalam kondisi normal, setiap pohon bisa menghasilkan sekitar 20 buah. Tiap buah berbobot antara 5-7 ons. Tetapi akibat perubahan cuaca ektrim dalam dua tahun terakhir, produksi jauh berkurang.

Di musim panen terakhir, tiap pohon hanya berbuah beberapa biji. Padahl harga jual buah naga berdaging merah (hylocereus costaricensis) itu Rp 30.000/kg. Praktis omzet turun drastis. Mulai Rabu (18/1/2012), Ridwan mulai memanen buah naga berdaging putih (Hylocereus undatus). Bobotnya juga berkisar 5-7 ons/buah. "Tetapi harga jualnya lebih murah, Rp 20.000/kg," ujarnya.

Kondisi berbeda dengan kebun milik Sukarwan (47), di Kampung Karangdaleman, Danurejo, Mertoyudan. Sukarwan mengaku kebanjiran pesanan. Bahkan belum sempat dipetik, buah naga dari kebun seluas 3.000 meter persegi itu, sudah banyak yang dipesan.

“Pemesannya, mayoritas warga keturunan Tionghoa yang akan merayakan Imlek. Mereka pesan buah ini, untuk sarana peribadatan. Namun tidak sedikit juga yang pesan untuk dikonsumsi,” kata Sukarwan.

Menurutnya, bisnis buah naga sangat menguntungkan. Selain belum banyak saingan, harganya mahal dibanding buah jenis lain. Apalagi, permintaan dari tahun ke tahun terus meningkat. “Saya sampai kewalahan. Untuk memenuhi kebutuhan lokal Magelang, saya tidak mampu,” katanya. [py]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: star goldstar goldstar goldstar goldstar gold (1 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU