Yoyok Riyo - pemenang pilkada Batang

Batang, Seruu.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Batang (Jateng) memenangkan gugatan hasil Pemilukada yang diajukan oleh pasangan cabup-cawabup, H Dedhy Irawan SE dan Mujarwo SE (Dhewo) di Mahkamah Konstitusi (MK). Kepastian hasil gugatan yang dimenangkan oleh Termohon yakni KPUD Batang, setelah MK menggelar sidang putusan yang dipimpin oleh ketuanya, Machfud MD yang dimulai pukul 09.30 hingga pukul 12.00 siang di ruang sidang lembaga hukum tersebut pada Selasa (17/1/2012).

Ketua KPUD Batang, Adi Pranoto SE mengatakan, pihaknya merasa bersyukur karena telah memenangkan gugatan hasil Pemilukada yang diajukan oleh pasangan Dhewo. ”Kami menyampaikan rasa syukur akhirnya perjalanan sidang gugatan di MK telah selesai dan KPUD Batang memenangkan gugatan tersebut. Kami berharap agar semua pihak dapat menghormati hasil akhir keputusan MK ini karena sudah bersifat final,” kata Adi, Rabu (18/1/2012).

Adi yang dalam sidang putusan di MK didampingi anggota KPUD dari Divisi Hukum, Yakub Widodo SH MH dan Sekretaris KPUD, Budi Astopo SH mengatakan, dengan keputusan MK ini maka KPUD akan melanjutkan tahapan Pemilukada Batang. Yakni, menyampaikan hasil keputusan MK dan penetapan pasangan cabup dan cawabup terpilih, Yoyok Riyo Sudibyo-H Soetadi SH MM (Yodi) kepada DPRD Batang.

“Jika tidak ada halangan maka sesuai dengan tahapan Pemilukada Batang, pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Batang periode 2012-2017 akan dilaksanakan pada Senin (13/2) mendatang,” katanya.

Terpisah, calon Wakil Bupati Batang terpilih, H Soetadi SH MM menanggapi putusan MK yang memenangkan KPUD  menyatakan menghargai apa yang dilakukan Dhewo atas ketetapan hasil Pemilukada melalui jalur hukum.

“Dengan keputusan yang telah final ini masyarakat Kabupaten Batang akan tetap kondusif. Hasil apapun dalam sidang tersebut sudah melalui keputusan MK dan telah bersifat final. Hasil keputusan ini lebih memantapkan posisi Yodi dan semua pihak dapat menghormati keputusan hukum tersebut,” kata mantan Sekda Batang ini.

Pilkada Batang yang digelar Minggu 11 Desember 2011 silam diikuti oleh tiga pasangan calon. Susi Iriani yang berpasangan dengan dr Lafran Pancaputranto (SpOG) yang mengusung semboyan ‘Bersusila’ memperoleh 59.495 suara (21,66%).

Pemenang pilkada diraih pasangan Yoyok Riyo Sudibyo-HM Soetadi SH MM (Yo-di) yang mendapatkan 110.278 suara (40,16%). Sementara pasangan nomor urut 3 H Dhedy Irawan SE-Mujarwo SE (Dhewo) menempati posisi kedua dengan jumlah suara 104.844 suara (38,18%).

Yodi diusung oleh Partai Golkar, PPP, PAN, Partai Demokrat, PDP dan tujuh parpol non parlemen. Pasangan ’Bersusila’ diusung oleh PDI Perjuangan.  [py]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU