Ilustrasi (Istimewa)
"Satuan Tugas (Satgas) Hijau merupakan wujud nyata dari upaya pembudayaan kepedulian lingkungan,"

Yogyakarta Seruu.com - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta membentuk komunitas peduli lingkungan bernama Satuan Tugas Hijau yang beranggotakan mahasiswa, dosen, dan karyawan universitas itu.

 

"Satuan Tugas (Satgas) Hijau merupakan wujud nyata dari upaya pembudayaan kepedulian lingkungan," kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Sri Atmaja P Rosyidi di Yogyakarta, Senin (16/01/2012).

Menurut dia, setiap anggota Satgas Hijau bertanggung jawab atas setiap pohon yang ditanam hingga tumbuh sebagai upaya pemeliharaan lingkungan.

Selain itu, komunitas tersebut juga akan melakukan berbagai bentuk kampanye dan sosialisasi lebih luas mengenai pembudayaan peduli lingkungan.

Upaya tersebut, kata dia, diaplikasikan dengan mengadakan kegiatan-kegiatan ringan yang kental dengan nuansa peduli lingkungan.

"Kami akan merancang berbagai program dan mensinergikannya dengan kegiatan komunitas mahasiswa yang sudah ada, misalnya fotografi alam, karya tulis lingkungan hingga konser musik bertema alam," katanya.

Ia mengatakan, dari jumlah kegiatan yang banyak tersebut diharapkan dapat mendorong jiwa lestari alam di kalangan sivitas akademika UMY dari segala aspek.

"Selain tugas-tugas tersebut, Satgas Hijau diharapkan juga dapat mempelopori upaya hemat energi di lingkungan universitas. Hal-hal sederhana akan digalakkan para Satgas Hijau di antaranya meminimalkan pemanfaatan kertas," katanya.

Menurut dia, sekitar 200 mahasiswa dari berbagai fakultas dan komunitas mahasiswa tergabung dalam Satgas Hijau. Jumlah itu belum termasuk dosen dan karyawan dari berbagai unit yang juga ikut bergabung dalam komunitas peduli lingkungan tersebut.

"Satgas Hijau menargetkan pada 2015 upaya kepedulian lingkungan yang dibangun sudah mulai dirasakan manfaatnya," kata Sri Atmaja.[ant/ast]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU