Persiapan imlek

Purwokerto, Seruu.com – Menjelang tahun baru Imlek 2563, warga Klenteng Hok Tik Bio, Purwokerto (Jateng), disibukan dengan kegiatan memandikan patung-patung para dewa Selasa (17/1).

 

Ketua Klenteng Hok Tik Bio, Suryana mengatakan, prosesi pencurian patung dewa ini diawali dengan sembahyang dan menyembah dewa. Sesudah itu, patung-patung dewa diturunkan dan mulai dimandikan dengan air kembang. Selain memandikan patung dewa, warga klenteng juga membersihkan altar tempat pemujaan.

"Sembahyang ini sudah dilakukan tadi malam dan pada pagi harinya baru patung-patung dewa tersebut dimandikan dan altar pemujaan dibersihkan. Semua ini dilakukan dalam rangka menyambuk tahun baru Imlek," katanya.

Umat Tri Dharma ini selalu melakukan ritual tersebut setiap kali menjelang tahun baru Imlek. Menurut Suryatna, tahun baru Imlek kali ini memasuki tahun 2563 yang bertepatan dengan tahun naga air. Warga Tionghoa meyakini tahun naga air, sebagai tahun yang penuh dengan dinamisasi dan kreativitas. Naga juga diyakini membawa cahaya kehidupan.

Puncak perayaan tahun baru Imlek ini akan dilaksanakan pada tanggal 6 Februari mendatang, yaitu dengan  melakukan sembahyang bersama dan kirab memperingati Hari Raya Cap Go Meh. Biasanya perayaan Cap Go Meh ini dilakukan dengan menggelar pertunjukan lion keliling Kota Purwokerto. [py]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: star goldstar goldstar goldstar goldstar gold (1 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU