Ilustrasi Demo Petani

Banyuasin, Seruu.com - Merasa tidak diperhatikan dan dibohongi kelompok petani berencana akan mendatangi Pemkab Banyuasin. Puluhan kelompok tani yang berasal dari 11 desa dalam Kecamatan Rantaubayur,Kabupaten  Banyuasin sumsel, bahkan mengancam akan berdemonstrasi ke Pemkab Banyuasin. Hal ini dilakukan karena para petani merasa dibohongi, sebab janji ganti rugi bagi petani yang tanaman padinya fuso, belum kunjung dibayar Dinas Pertanian dan Peternakan.

Sementara itu,Kepala Desa Sungaipinang Edi Wijaya, Selasa (17/1) siang mengatakan, kelompok tani se-Kecamatan Rantaubayur merasa dibohongi, karena janji penggantian biaya tanam petani seperti yang diutarakan petugas penyuluh lapangan belum kunjung direalisasi oleh Dinas pertanian dan peternakan(Distanak) Kabupaten Banyuasin.

"Petani disuruh PPL buat rekening di BRI Sembawa dengan setoran awal Rp. 250 ribu, tetapi rekening sudah selesai namun biaya ganti oleh dinas belum kunjung dicairkan," katanya.

Kondisi tersebut membuat para kelompok tani gerah dan mengancam akan melakukan aksi demo dalam waktu dekat. "Kami harap, Distanak segera mengambil tindakan tegas agar para petani tidak gerah," tandasnya.

Ditegaskannya jika tuntutan tersebut tidak dipenuhi dalam waktu dekat maka kemungkinan petani akan turun kejalan dan berunjukrasa di Pemkab. [ndis]

KOMENTAR SERUU