SeruuMart - Digital Marketplaces
Sabtu, 24 Juni 2017

Yogyakarta, Seruu.com - PT Kereta Api Daerah Operasional VI Yogyakarta menyiapkan satu rangkaian kereta tambahan untuk mengantisipasi naiknya penumpang saat libur Imlek pada awal pekan depan. "Kereta tambahan yang disiapkan yakni di kelas eksekutif, Argo Dwipangga Ekstra," kata Kepala Humas PT Kereta Api (KA) Daerah Operasional (Daop) VI Yogyakarta Eko Budiyanto, di Yogyakarta, Selasa (17/1/2012).

Ia mengatakan kereta ini akan diberangkatkan jika ada kenaikan penumpang yang tidak tertampung di kereta reguler.

Menurut dia, kereta tambahan tersebut mampu mengangkut sebanyak 350 penumpang dan akan diberangkatkan dari Stasiun Balapan Solo ke Stasiun Gambir Jakarta.

Sementara itu, untuk kereta api di kelas ekonomi dan bisnis, Eko mengatakan, akan memaksimalkan rangkaian. "Peningkatan jumlah penumpang tersebut diperkirakan akan terjadi mulai Sabtu (21/1) hingga Senin (23/1). Puncaknya pada Minggu (22/1) dan Senin (23/1) dengan okupansi mencapai 100 persen," katanya.

Selama libur panjang Imlek, PT KA akan menerapkan tarif batas atas yaitu sekitar Rp400 ribu per penumpang untuk kelas eksekutif, sedangkan untuk kelas bisnis berkisar antara Rp150 ribu hingga Rp200 ribu.

Sementara di kelas ekonomi AC yaitu Gajah Wong dijual dengan harga Rp150 ribu, sedang untuk kereta ekonomi tidak mengalami perubahan harga yaitu tetap Rp35 ribu.

Jika dibanding tahun lalu, maka jumlah penumpang saat libur panjang Imlek diperkirakan akan berkurang karena PT KA tidak lagi memberlakukan tiket berdiri untuk kereta kelas bisnis dan ekonomi.

"Jumlah tiket yang dijual sama dengan jumlah tempat duduk yang tersedia. Kami juga akan tetap memberlakukan `boarding pass` untuk calon penumpang. Hanya penumpang bertiket yang diperbolehkan masuk stasiun," katanya.

Ia menambahkan, saat libur Natal dan Tahun Baru, jumlah penumpang kereta api juga mengalami penurunan yang cukup signifikan yaitu sebesar 48 persen dibanding tahun sebelumnya.

"Tiket untuk kelas ekonomi, bisnis dan eksekutif juga masih tersedia. Masyarakat yang membutuhkan tiket ekonomi bisa memesan tujuh hari sebelum keberangkatan di sejumlah stasiun yaitu Purwosari, Klaten, Lempuyangan dan Wates," katanya.

Sedangkan calon penumpang yang ingin memperoleh tiket bisnis dan eksekutif juga bisa memesan di Indomaret atau di Kantor Pos selain di stasiun. 
[ndis]

KOMENTAR SERUU