Gubernur Jatim Soekarwo (Kanan)

Surabaya, Seruu.com - Kasus yang menimpa Kepala Biro Pemerintahan Jatim, Suprayitno membuat Gubernur Jatim Soekarwo menata kembali birokrasi dibawahnya. Gubernur Jawa Timur Dr.H.Soekarwo minta, pemimpin birokrasi pemerintahan membenahi administrasi khususnya administrasi komunikasi. Menurutnya,pemimpin harus sanggup melakukan reformasi administrasi bukan pada birokrasi.

“Birokrasi dilahirkan untuk taat pada administrasi (aturan) yang berlaku. Oleh karenanya dibutuhkan pemimpin yang memimpin di posisi yang sesuai dengan kompetensinya,” katanya.

Karakter ideal administrasi menurut Pakde yakni, mempunyai moralitas dan profesionalisme. Artinya dalam membangun sebuah birokrasi dibutuhkan pemimpin yang mempunyai integritas.

Pakde mencontohkan, pemimpin harus lebih dahulu datang masuk kantor sebelum stafnya datang. Selain itu dibutuhkan rasa kesetiakawanan terhadap lembaga baik itu terhadap staf maupun pimpinan.

“Dalam membangun moralitas seorang bawahan tidak boleh mengeluh kepada pimpinan. Artinya seorang bawahan yang diberi tanggung jawab oleh pimpinan harus bisa menyelesaikan semaksimal mungkin. Begitu juga pimpinan harus mempunyai kapabilitas dengan menguasai setiap regulasi agar tidak kalah dengan bawahannya” tegas pakde Karwo.

Sifat birokrasi terang Pakde, yaitu tegak lurus pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM). Kalau di lingkungan Pemerintah Provinsi Jatim, berpaku pada RPJM Provinsi Jatim tahun 2009-2014.

Apabila kita bersama-sama saling mendukung dalam pelaksanaan reformasi birokrasi ini maka cita-cita mewujudkan kesejahteraan masyarakat (pro growth, pro poor dan pro job) di  Jatim, secepatnya bisa kita capai. Apa yang sudah dicapai pada 2011 ini bisa menjadi contoh pada tahun 2011, sudah mencapai target yang ditetapkan di RPJM..

“Tingkat kemiskinan Nasional pada bulan Maret-September 2011 sebesar 130 ribu orang. Sejumlah 99% atau 128 ribu orang dari 130 ribu disumbangkan oleh provinsi Jatim. Saya mengapresiasi sebagai keberhasilan dari upaya kepala daerah se Jatim yang berhasil menurunkan angka kemiskinan tersebut” katanya. [yud]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU