Gubernur Jatim, Soekarwo (Tengah)

Surabaya, Seruu.com - Gubernur Jatim, Soekarwo akan memberikan sanksi kepada Kepala Biro Pemerintahan, PemprovJatim, Suprayitno jika dalam pemeriksaan Inspektorat ditemkan adanya pungli ke kepala daerah di Jatim. Soekarwo mengatakan sanksi diberikan jika nantinya secara hukum adanya pelanggaran yang dilakukan oleh bersangkutan.

”Tunggu dulu dari temuan Inspektorat karena saat ini masih didalami karena tim Inspektorat sedang turun ke bawah (Kabupaten dan Kota) untuk mengklarifikasi kebenaran pungli tersebut,” ujar mantan Sekdaprov Jatim ini usai memimpin apel 17 Januari 2012 di kantor Gubernur, Jl. Pahlawan Surabaya, Selasa (17/1/2012).

Pria yang akrab dipanggil pak De Karwo ini mengaku sampai saat ini masih belum memanggil Suprayitno untuk diklarifikasi langsung atas kasus pungli tersebut.” Kami masih menunggu laporan resmi Inspektorat dan jika secara fakta hukum maupun administrative ada pelanggaran atau tidak,” katanya.

Ketika ditanya soal sanksi yang diberikan kepada Suprayitno jika dalam pemeriksaan terbukti  bersalah, Gubernur kelahiran Madiun ini menjamin akan memberikan sanksi tegas kepada yang bersangkutan.

"Yakinlah akan ada tindakan.  Selama 5 tahun saya memimpin Jawa Timur ini selalau berpatokan pada fakta hukum. Biarlah nanti fakta hukum yang berbicara, bukan hanya isu yang akan saya tanggapi tapi sekali lagi, yakinlah Gubernur pasti bergerak untuk menyelesaikan soal ini," jelas Pakde tanpa merinci secara jelas apa bentuk sangsi yang akan diberikan untuk Kepala Biro Pemerintahan .

Seperti yang diberitakan sebelumnya,Kepala  Biro Pemerintahan Suprayitno diduga meminta uang pelicin kepada beberapa bupati yang sempat kesandung kasus dan dinonaktifkan Mendagri.

Permintaan uang senilai Rp 50-100 juta itu ditujukan kepada Kabag Pemerintahan pemkab setempat. Alasannya, agar proses administrasi pengaktifan kembali bupati yang bersangkutan (setelah berkekuatan hukum tetap dan dinyatakan tidak bersalah, red) bisa dipercepat oleh pemprov ke Kemendagri. [yud]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: star goldstar goldstar goldstar goldstar gold (1 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU