Demo FPI Makassar menuntut Panglima laskar Front Pembela Islam (FPI) Sulawesi Selatan Abdurrahman Assegaf dibebaskan beberapa waktu lalu
Pasal yang dibuktikan hakim untuk masing-masing terdakwa adalah pasal 170 ayat 1 KUHP tentang perusakan dimuka umum yang menyebabkan kerusakan. Jadi pasal ini lah yang kami terapkan

Makassar, Seruu.com - Panglima laskar Front Pembela Islam (FPI) Sulawesi Selatan Abdurrahman Assegaf dan anggotanya Riswandi Abu Bakar dijatuhi hukuman pidana penjara selama lima bulan pada sidang putusan Pengadilan Negeri Makassar, Senin (16/1/2012).

 

Oleh Majelis Hakim Andi Makkasau, terdakwa dinyatakan terbukti secara sah dan menyakinkan melakukan tindak pidana penganiayan serta perusakan sejumlah warung makan di Kota Makassar yang terjadi Agustus 2011 lalu.

“Hukuman terdakwa sudah sesuai dengan segala perbuatan yang dilakukannya,” kata Andi Makkasau dalam pembacaan amar putusannya di PN Makassar.

Selain Abdurrahman dan Riswandi yang dijatuhi vonis hukuman lima bulan penjara, satu terdakwa lainnya yaitu Arifuddin juga dijerat hukuman vonis selama 4 bulan sepuluh hari berdasarkan amar putusan majelis hakim.

“Pasal yang dibuktikan hakim untuk masing-masing terdakwa adalah pasal 170 ayat 1 KUHP tentang perusakan dimuka umum yang menyebabkan kerusakan. Jadi pasal ini lah yang kami terapkan,”tegas Makkasau dihadapan persidangan.

Kendati ketiga terdakwa ini masing-masing telah dijatuhi hukuman badan, namun berdasarkan penetapan dalam amar putusan majelis hakim, jaksa diperintahkan untuk mengeluarkan terdakwa dari dalam rumah tahanan negara.

Pada persidangan sebelumnya, Abdurrahman dituntut hukuman 10 bulan penjara lantaran diduga terbukti melanggar pasal 335 dan 170 KUHP ayat 1 tentang penghusutan dan perusakan barang di muka umum.

Proses persidangan tersebut disambut dengan teriakan takbir oleh massa FPI yang memadati Ruang Utama Cakra PN Makassar. [hsb]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU