Gus Ipul sapaan akrab Wagub Jatim menerima Brevet Kehormatan Kesehatan Penyelaman dan Hyperbarik bersama Pagdam V Brawijaya Mayjen TNI Murdjito

Surabaya, Seruu.com - Gus Ipul sapaan akrab Wagub Jatim menerima Brevet Kehormatan Kesehatan Penyelaman dan Hyperbarik bersama Pagdam V Brawijaya Mayjen TNI Murdjito di Auditorium (Lembaga Kesehatan Kelautan TNI-AL) LAKESKA  Jl. Gadung No. 1 Surabaya, senin (16/1/2012).

Pada kesempatan itu, Gus Ipul menyarankan kepada masyarakat Jatim untuk mencoba terapi pengobatan dan penyembuhan dengan terapi alternatif Hyperbaric Oxygen menggunakan Chamber yang didalamnya terdapat oksigen murni 100%.

Menurutnya, ini adalah salah satu alternatif pengobatan yang sudah teruji secara klinis dan juga berfungsi memperbaiki serta menyambung sel-sel kulit mati atau rusak menjadi kembali segar dan fresh.

Pengobatan ini sangat baik apabila dilakukan oleh penderita sakit, khususnya bagi mereka yang melakukannya pasca operasi. “Terapi ini bahkan berperan penting terhadap operasi pemulihan serta penyembuhan dari pemasangan atau rekonstruksi wajah total atau Face Off  yang telah dilakukan beberapa tahun yang lalu,” imbuhnya.

Ia berharap kepada seluruh masyarakat Jatim untuk mencoba menggunakan terapi alat kesehatan yang secara kualitas sudah banyak digunakan di dunia kedokteran, khususnya untuk pemulihan kondisi tubuh pasca operasi.

“Di Kota Jakarta alat ini sudah banyak dikenal luas oleh masyarakat, akan tetapi khusus di Jawa Timur masih terbatas ketersediaan alat, hanya RSAL dr. Ramelan dan Rumah Sakit Paru di Kab. Jember yang memilikinya,” ugkapnya.   

Sementara itu, Laksma TNI dr. Supriyono, Sp. OG, ONK mengatakan, banyak manfaat apabila masyarakat bisa secara rutin melakukan terapi Oksigen Hiperbarik yang berhubungan dengan penyakit klinis.

Manfaat yang bisa dirasakan antara lain bisa menyembuhkan dan menghindarkan diri dari penyakit diabetes melitus, stroke, luka bakar, osteomyelitis, cangkok kulit/jaringan dan lain lain.Sedangkan terapi Oksigen Hiperbarik, khususnya yang berhubungan dengan penyelaman bisa terhindar dari penyakit dekompresi, keracunan gas CO, dan tes toleransi oksigen bagi penyelam.

Manfaat lain yang bisa dirasakan adalah mengembalikan kondisi fisik atau kebugaran pasca operasi. Dari segi medis bisa berfungsi meningkatkan asupan oksigen di jaringan, meningkatkan sintesa kolagen, neovaskularisasi, mempercepat eliminasi asam laktat. Pengobatan (HBO) ini menggabungkan menghirup Oksigen 100 %  dengan memberikan tekanan lebih dari 1 hingga 3 atmosfir absolut didalam Hyperbaric chamber (RUBT). [yud]

KOMENTAR SERUU