Machrus Alizend salah satu tokoh ulama di kecamatan Blega _saat mendatangi wakil rakyat di DPRD Bangkalan.
Waduk yang direncakan oleh pemerintah itu sejak tahun 2004 silam, namun pada waktu itu ada penolakan bebesar-besaran oleh masyarakat sehingga tidak terealisasi dan sekarang waduk itu kembali diwacanakan untuk di bangun,

Bangkalan, Seruu.com – Berhembus wacana pembangunan waduk Blega, di kecamtan Blega Bangkalan, Madura, untuk mengatasi sering terjadinya banjir kiriman dari wilayah dataran tinggi diwilayah kecamatan Geger dan Kokop, di tolak mentah-mentah oleh para tokoh setempat. Pasalnya, dikhawatirkan masyarakat setempat akan ungsikan ke luar derah.

 

“Waduk yang direncakan oleh pemerintah itu sejak tahun 2004 silam, namun pada waktu itu ada penolakan bebesar-besaran oleh masyarakat sehingga tidak terealisasi dan sekarang waduk itu kembali diwacanakan untuk di bangun,” terang Machrus Alizend, salah satu tokoh ulama di kecamatan Blega, saat medatangi gedung DPRD Bangkalan, Senin (16/1/2012).

Machrus menejalsakan, waduk tersebut rencananya akan di bangun di desa Tellok kecamatan Blega dengan melibatkan 14 desa di wilayah empat kecamatan, meliputi kecamtan Konang, Geger dan Kokop.

“Secara otamatis kalau pemabangunan itu terealisasi akan menggusur 52 masjid dan pemakaman umum serta beberapa madrasah dan sekolah serta pondok pesantren hingga ratusan rumah warga,” ungkapnya.

Ditegaskan Machrus, masyarakat setempat sampai kapanpun tidak ada mau, terkait pembangunan waduk tersebut. Sebab, kalau hanya untuk mengatasi perpasalahan banjir tidak harus mengorbankan masyarakat banyak.

“Sebelum masyarakat bertindak, perlu adanyanya solusi lain dari
pemerintah daerah, salah satunya dengan pengerukan sungai yang ada dan membuat plengsengan. Sebab beberapa tahun silam sungai itu tidak sampai meluap yang menyebabkan banjir yang sering terjadi ketika musim hujan belakangan ini,” kata Machrus. [mif]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU