Ilustrasi (Istimewa)

Palangka Raya Seruu.com - Badan Meteorologi Kliminologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengimbau pelaut waspada gelombang besar di perairan Laut Jawa.


 

"Besarnya gelombang laut jawa diakibatkan kencangnya tipuan angin yang melintasi perairan tersebut, dan gelombang saat ini mencapai 3 meter," kata Kepala BMKG Hidayat di Palangka Raya, Minggu.

Menurutnya, semua pelayaran yang melintasi perairan itu kapal diharapkan berhati-hati dan selalu melihat perkembangan cuaca. Pihaknya juga mengimbau nelayan juga berhati-hati saat melaut.

Ini penting karena gelombang laut tidak menentu dari 2-3 meter, sehingga sangat berbahaya bagi nelayan yang menggunakan perahu kecil.

Sedangkan curah hujan di Provinsi Kalteng normal karena wilayah penghujan sudah beralih ke daerah selatan seperti Bali, Jawa dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Diprediksikannya, hujan akan menguyur Kalteng pada Maret hingga April 2012 dan masyarakat diminta waspada karena bisa saja terjadi banjir dengan curah hujan tinggi yaitu daerah aliran sungai (DAS) Barito.

Hidayat memprediksi musim kemarau berkisaran pada Juni-Juli 2012, bahkan keadaannya akan sama pada tahun 2011 yang lalu dimana beberapa daerah akan mengalami kekeringan dan terjadi terbakarnya lahan.

"Untuk itu saya imbau masyarakat menjaga lahannya dari sekarang, jangan sampai terjadi kebakaran tahun 2011 terulang kembali pada tahun 2012," katanya.[ant/ast]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU