Seruu.com - Hujan deras yang berlangsung sejak Jumat (13/1) yang melanda wilayah Banten akibatkan sungai Ciujung, Ciliman, Cimandiri dan Cilemer Banten meluap, sejumlah wilayah di daerah tersebut terendam banjir. Ribuan wargapun terpaksa menggunakan bahu jalan tol Jakarta-Merak jadi tempat pengungsian.

"Jumlah pengungsi sekarang bertambah. Dari Kecamatan Kragilan, jumlahnya mencapai 1158 kepala keluarga," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Banten, Suyadi Wiraatmadja kepada wartawab Minggu (15/1).

Selain warga Kecamatan Kragilan, Tol Jakarta-Merak juga dipenuhi warga dari Kecamatan Kibin. Dikatakan Suyadi, setidaknya ada 832 kepala keluarga Kecamatan Kibin yang memilih jalan tol sebagai tempat perlindungan.

Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ari delapan Kabupaten dan Kota di Banten, tiga Kabupaten yaitu Serang, Pandeglang dan Lebak terkena bencana banjir yang cukup parah. Sedangkan kabupaten/kota lainnya relatif masih aman. Total sebanyak 13.755 unit rumah yang tersebar di 97 desa di 29 kecamatan terendam banjir. [tr/jf]

KOMENTAR SERUU