Proyek rumah sederhana di Bali

Denpasar, Seruu.com - Pemerintah Provinsi Bali pada 2012 mengalokasikan pembangunan 1.550 unit rumah layak huni kepada para keluarga miskin dan penderita gangguan kejiwaaan di Pulau Dewata melalui program bedah rumah.

"Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, program bedah rumah ini akan menyasar para KK miskin di sembilan kabupaten/kota di Bali," kata Kepala Dinas Sosial Provinsi Bali I Ketut Susrama, di Denpasar, Kamis (12/1/2012).

Ia menyampaikan sebaran lokasi bedah rumah yang terbanyak di Kabupaten Buleleng yakni 584 unit dan yang terkecil di Kota Denpasar sejumlah 20 unit. Sedangkan tujuh kabupaten lainnya yakni Kabupaten Karangasem (141), Klungkung (163), Gianyar (152), Bangli (94), Tabanan (126) Jembrana (191), dan Badung (79).

"Tahun ini, pembangunan rumah yang 'dibedah' itu pengerjaannya menggunakan sistem swakelola. Satu unitnya dianggarkan Rp20 juta. Jadi total dana yang dialokasikan untuk pembangunan sebanyak 1.550 unit itu adalah Rp31 miliar," ujarnya.

Dengan sistem swakelola tersebut, lanjut dia, pada masing-masing desa yang daerahnya mendapat bantuan bedah rumah akan dibentuk kepanitiaan pembangunan.

KOMENTAR SERUU