ilustrasi pohon tumbang akibat hujan

Bogor, Seruu.com - Hujan angin yang terjadi di Kota Bogor selama beberapa menit menyebabkan dua orang terluka dan kepanikan, Kamis (12/1). Kedua orang korban adalah seorang wanita tua dan anak kecil mengalami luka cukup serius setelah tertimpa pohon jenis beringin yang tumbang di lingkungan SD-SMA Budi Mulia, Bogor Tengah, Kota Bogor.

Berdasarkan keterangan satpam sekolah tersebut, Mustajib, kejadian pohon tumbang sekitar pukul 11.40 WIB, tepat ketika lonceng masuk kelas berbunyi.

"Paling cuma sepuluh detik, angin muter-muter langsung ngangkat akar pohon, terus tumbang. Di bawahnya ada nenek dengan anak kecil yang lagi anter sekolah murid SD sini. Mungkin karena sudah tua jadi tidak bisa leluasa bergerak sehingga tidak bisa menyelamatkan diri," kata Mustajib.

Akibatnya, perempuan tua itu menderita patah tulang belakang dan dibawa ke RS terdekat. Sementara, saat kejadian murid-murid SD tersebut sedang berlarian masuk ke dalam kelas karena bel sudah berbunyi. "Kalau enggak pas bel bunyi, pasti banyak korbannya," lanjutnya.

Selain di Budi Mulia, pohon tumbang juga terjadi di Jln. Gunung Batu, Bogor Barat Kota Bogor dan Kebun Raya Bogor. Tiupan angin kencang menumbangkan sebuah pohon dan merusak kabel lampu penerangan jalan umum (PJU).

Salah seorang teknisi Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang ada di lokasi menyebutkan akibat kejadian itu, sekitar lima lampu PJU padam dan untuk sementara tidak dapat menyala. "Nanti segera dilaporkan ke pemda karena ini kewenangan Pemkot Bogor," kata teknisi tersebut.

Angin kencang disertai hujan lebat selama beberapa menit itu juga membuat panik anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Bogor yang sedang mengikuti rapat di Gedung DPRD, Jln. Kapten Muslihat Kota Bogor.

Sejumlah anggota DPRD sempat berhamburan ke teras gedung karena panik dengan tiupan angin kencang disertai hujan dengan suara bergemuruh.

"Anginnya kenceng banget. Suaranya juga keras, semua orang panik dan terkesima. Sampai-sampai mau ambil foto saja enggak kepikiran," kata salah seorang staf Humas Pemkot Bogor, Yan yang sedang bertugas di Gedung DPRD. {prol/ndis}

KOMENTAR SERUU