Yatmin-pelaku pembunuhan istri

Purworejo, Seruu.com - Yatmin (55) warga Dusun Kebuhan RT 3 RW 1 Desa Benowo, Kecamatan Bener, Purworejo (Jateng), yang menganiaya istri hingga tewas divonis hukuman 10 tahun penjara oleh  Pengadilan Negeri setempat, Kamis (12/1/2012). Yatmin juga dikenai denda Rp 60 juta, subsider kurungan tiga bulan penjara.

 

Vonis Ketua Majelis Hakim Ernila Kartikawati SH tersebut lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum Nila Ardiani SH yang menuntut terdakwa agar dihukum penjara 11 tahun.

 Menurut Majelis Hakim terdakwa terbukti melanggar pasal  44 ayat (33) Undang-undang Nomor 23 tahun 2004 tentang Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

Kasus penganiayaan itu berawal ketika Qatmawati (9) putri dari Yatmin dimintai tolong untuk membeli minyak kayu putih ke warung tetangganya, Nasripah (48), dengan membawa uang Rp 50.000. Setelah pulang dari warung, Qatmawati menyerahkan minyak kayu putih dan uang kembalian Rp 25.000 dan diberikan kepada ibunya.

Saat itu sang Ayah sedang mencari rumput. Ketika pulang, ia diberi uang kembalian oleh istrinya Rp 25.000. Terdakwa mengetahui hal itu lalu naik pitam dan langsung menjambak rambut korban yang tengah menyusui anaknya. Terdakwa menghantam dada korban. Tidak berhenti di situ, terdakwa meneruskan dengan membenturkan kepala korban ke tiang rumah hingga akhirnya terjungkal dalam kondisi tengkurap.

Akibat perlakuan itu, korban mengalami sakit beberapa hari dan sempat dirawat di RSUD Saras Husada Purworejo hingga akhirnya meninggal dunia.

 Terdakwa sempat mengelak telah melakukan kekerasan terhadap istrinya sendiri. Namun terdakwa tidak berkutik setelah sejumlah bukti mengarah kepadanya.

Berdasarkan surat visum et repertum nomor: R/42/VIII/2011/Dokpol tertanggal 20 Agustus 2011 yang ditandatangani dr Setyo Trisnadi Sp F, yakni dokter yang memeriksa di RS Bhayangkara Semarang, disimpulkan adanya luka akibat kekerasan benda tumpul berupa luka memar di leher, payudara, punggung kiri, dan adanya tanda-tanda pendarahan di otak yang akhirnya menyebabkan korban tewas.[py]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU