Ilustrasi (Istimewa)
"Jagalah lingkungan agar tetap bersih terutama sumber-sumber air jangan sampai tergenang banjir yang akibatnya bisa kemasukan virus yang menyebabkan diare,"

Medan Seruu.com - Penyakit diare menjadi ancaman terbesar bagi masyarakat pada saat-saat musim penghujan seperti sekarang ini, untuk itu masyarakat diminta untuk selalu menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing.

 

"Jagalah lingkungan agar tetap bersih terutama sumber-sumber air jangan sampai tergenang banjir yang akibatnya bisa kemasukan virus yang menyebabkan diare," kata pengamat kesehatan Universitas Sumatera Utara (USU) Destanul Aulia di Medan, Rabu (11/01/2012).

Ia mengatakan, selain dapat mengakibatkan banjir, masyarakat memang sangat rentan terserang berbagai penyakit pada musim penghujan, seperti influenza, diare, leptospirosis, dan asma yang disebabkan karena udara lembab.

"Banjir bisa menyebakan bakteri dan parasit dari septic tank dan kotoran hewan terangkat dan hanyut kemudian mengkontaminasi air, bahan pangan, atau menginfeksi langsung manusia. Inilah yang dapat menyebabkan berbagai penyakit itu," katanya.

Untuk itu diminta kepada masyarakat agar selalu menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), terutama dalam hal penggunaan air bersih, cuci tangan dengan air bersih dan sabun, penggunaan jamban sehat, pemberantasan jentik nyamuk.

"Upayakan selokan tetap mengalir dengan baik, karena ini merupakan salah satu tempat bersarangnya sumber penyakit. Jangan hanya berharap dari Dinas Kebersihan untuk membersihkannya namun kita juga harus pro aktif membersihkan lingkungan masing-masing," katanya.[ant/ast]
 

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU