Tangerang, Seruu.com - Angin puting beliung menerjang Kampung Salembaran Jaya, Kelurahan Salembaran Jaya, Kabupaten Tangerang, Banten. Sebanyak 27 rumah rusak dan seorang terluka tertimpa reruntuhan bangunan.

"Saat ini, personel penanganan bencana sedang membantu warga yang rumahnya mengalami kerusakan," kata Kepala Bidang Pencegahan Mitigasi Bencana Alam di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Tangerang, Heny Rahma di Tangerang, Rabu (11/1).

Ia menceritakan, puting beliung terjadi pada siang hari bersamaan dengan hujan turun. Angin menyapu tiga rukun tetangga (RT) di Rukun Warga 5, yakni RT 01, RT 02 dan RT 05. Selain merusak rumah, seorang terluka tertimpa reruntuhan bangunan. Ia mengalami luka serius di bagian kepala. Ia terpaksa dibawa ke Puskesmas terdekat untuk mendapatkan perawatan.

"Korban tertimpa genteng karena saat peristiwa terjadi berada di dalam rumah, namun kini sudah dirawat ke Puskesmas Kosambi," katanya.

Pemkab Tangerang melakukan pendataan rumah rusak tersapu puting beliung. "Tidak hanya di Kosambi, tetapi di daerah lainnya pun akan kita cek karena hujan yang terjadi hari ini hampir merata di wilayah," katanya.

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Alam Kabupaten Tangerang, menyebutkan terdapat lima bencana alam maupun sosial yang menjadi pengawasan dan perhatian penting. Adalah banjir, kebakaran, puting beliung, longsor dan rawan pangan.

Adapun wilayah yang rawan terjadinya bencana banjir yakni di Kecamatan Teluknaga, Kosambi, Pakuhaji, Kronjo, Kresek, Tigaraksa dan Kecamatan Jambe. Untuk wilayah yang rawan kebakaran berada di Kecamatan Pasar Kemis, Kosambi, Curug, Legok, Cikupa dan Kecamatan Balaraja.

Sedangkan wilayah rawan terjadinya bencana puting beliung yakni di wilayah Kecamatan Cisoka, Solear, Tigaraksa dan Kecamatan Pagedangan. Untuk wilayah rawan longsor berada di Kecamatan Cisauk dan Kecamatan Cisoka. Sedangkan, untuk wilayah bencana rawan pangan berada di Kecamatan Pakuhaji, Kecamatan Sepatan, Kresek, Mekarbaru, Gunung Kaler, Teluknaga, Sukamulya, Kemiri dan kecamatan Mauk. [ndis]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: star goldstar goldstar goldstar goldstar gold (1 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU