Kepala BPBD Jatim, Sudarmawan

Surabaya, Seruu.com -  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim mengeluarkan warning atau peringatan terhadap waspadai 33 kabupaten atau kota di Jatim rawan banjir dan longsor.

 

Kepala BPBD Jatim, Sudarmawan saat dikonfirmasi di kantornya, Selasa (10/1/2012) mengatakan bahwa Menurutnya, berdasarkan informasi BMKG pada Bulan Desember 2011 – Maret 2012 diprediksi adanya peningkatan curah hujan tinggi yang dapat menimbulkan potensi bencana alam  khususnya banjir dan tanah longsor di Wilayah Provinsi Jawa Timur.

Ia menjelaskan daerah yang rawan Banjir diantaranya Bojonegoro, Lamongan, Tuban, Pasuruan, Bondowoso, Jember, Lumajang, Pacitan, Trenggalek, dan Daerah di sekitar Tapal Kuda.

“Jadi curah hujan di daerah itu tidak menjadi faktor utama, malah yang perlu diwaspadai adalah curah hujan di daerah daerah lain yang airnya mengalir ke daerah tersebut,” tegasnya.

Sementara itu jumlah daerah yang dianggap rentan terjadi tanah longsor juga sama dengan daerah yang berpotensi besar terkena banjir. Daerah longsor ini tesebar di 29 kabupaten dan kota se Jatim. Diantaranya Malang, Batu, Situbondo, Banowoso, Pacitan, Lumajang, Pasuruan dan beberapa daerah lainnya.

Ketika ditanyai tentang antisipasi yang sudah dilakukan ia mengatakan pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan masyarakat di kawasan tersebut. Setidaknya masyarakat bisa mengambil langkah dan antisipasi cepat jika terjadi bencana.

“Kita sudah melakukan koordinasi dengan instansi terkait (TNI/POLRI, Pemerintah Daerah, Lembaga Terkait PB, LSM, Relawan, Tagana, Dinas Pengarian) untuk melakukan sosialisasi dan antisipasi bencana,”ujarnya. [yud]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU