Ratusan rumah tergenang di Kelurahan Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara
Kami semua sempat cemas mengingat debit air terus naik sementara hujan tidak reda

Pekalongan, Seruu.com - Ratusan rumah di Kelurahan Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara, terendam banjir setinggi 50 cm. Bencana tersebut akibat luapan air Sungai Loji yang melintas wilayah itu, sejak Senin (9/1/2012) malam. Warga juga masih dilanda kecemasan karena kemungkinan terjadi banjir susulan.

 

Menurut warga setempat  hujan yang turun semalaman itu tidak disangka jika akan menimbulkan banjir dan merendam rumah mereka.  Banjr mulai masuk rumah warga dan mengenangi jalan, sekitar pukul 22.15 Wib.

Hal ini membuat warga sempat panik. Bebagai cara dilakukan warga guna membentengi rumahnya dari terjangan air bah. Namun sia-sia, lantaran debit air Sungai Loji terus naik, sehingga air dengan gampang menerobos masuk rumah, mengingat pinggiran Kali Loji sama sekali tidak ada tanggul pembatas, “Kami semua sempat cemas mengingat debit air terus naik sementara hujan tidak reda, “ ujar Rusidyanto Warga Panjang

Mengantisipasi keamanan, warga melakukan ronda secara terpadu,sedangkan werga yang lokasi rumahnya dekat dengan sungai berkemas mengamankan barang berharga. Hingga kini warga masih siaga untuk mengantisipasi datangnya banjir susulan, mengingat cuaca saat ini  mendung pekat dan hujan.

Kasie Perlindungan Masyarakat dan Penanggulangan Bencana Satpol PP Kota Pekalongan Marhaen Lanang Setya Negara, mengatakan, ada tujuh wilayah Kelurahan yang terancam banjir dan rob adalah daerah yang berada di sekitar pantai, diantaranya adalah wilayah Kelurahan Panjang Wetan, Kandang Panjang, Panjang Baru, Krapyak Lor dan Krapyak Kidul, Dukuh serta Bandengan.

“Daerah rawan ancaman banjir dan rob  yang paling parah di Kecamatan Pekalongan Utara yang merupakan daerah pantai,”katanya. [py]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: star goldstar goldstar goldstar goldstar gold (1 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU