Fenomena Tanah Ambles Menjadi Tontonan Warga

Gunungkidul, Seruu.com -  Satino terkejut bukan alang kepalang. Lelaki itu tak habis pikir, tiba-tiba, tanah di pekarangan rumahnya di Dusun Tirisan, Karangwuni, Rongkop, Gunungkidul, Yogyakarta, menganga sedalam lima meter dengan diameter hampir tiga meter, Senin (9/1).

Satino tak bisa menjelaskan apa-apa. Hanya, kata dia, "Sebelumnya sempat terdengar suara dentuman keras. Kejadiannya dini hari." Keterangan Satino dibenarkan warga lainnya. 

Takut terjadi apa-apa, Satino dan enam kepala keluarga lainnya memilih mengungsi. Sementara lokasi "bencana" yang cuma berjarak kurang dari tiga meter dengan rumah warga itu sudah dipagari dengan bambu. Tujuannya agar tak ada warga yang mendekat.

Tak cuma Satino yang repot, insiden itu juga mengganggu arus lalu lintas. Musababnya lokasi tanah amblas tepat berada di pinggir jalan. Kasus itu kini tengah dipelajari Pemerintah Kabupaten Gunungkidul yang berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Fakultas Geologi UGM.

Sebenarnya itu bukan kejadian pertama. Menurut warga, selama satu bulan terakhir, sudah tiga kali ada tanah amblas di Kabupaten Gunungkidul. Tapi tak ada korban. [ndis]

KOMENTAR SERUU