Jalan Amblas Losari (Istimewa)
Penyebab amblasnya jalan tersebut diakibatkan oleh factor usia jalan dan cuaca buruk. Pasalnya hujan deras mengguyur Kota Makassar selama dua pecan terakhir membuat abrasi atau tanah yang berada di saluran air mengalami pengikisan akibat tergerus air deras

Makassar, Seruu.com - Pemerintah Kota Makassar bertindak sigap melakukan pembenahan atas jalan amblas di pertigaan jalan Penghibur, Jalan Somba Opu dan Jalan Mukhtar Lutfi, Minggu malam tadi. Puluhan aparat dari Dinas PU setempat, Senin, (9/1/2012) langsung membenahi lokasi amblasnya jalan tersebut.

Dalam perbaikan itu, pihak PU Dinas Kota Makassar menurunkan eskapator untuk mengangkat material  longsoran yang jatuh ke dalam saluran air itu. Mereka juga membersihkan lubang menganga sepanjang 22 meter, lebar 7 meter dan kedalaman 4 meter.

Kepala Seksi pemeiliharaan Jalan dan jembatan Dinas PU Makassar, Tajuddin menegaskan, perbaikan segera dilakukan karena akses tersebut merupakan jalur sibuk dan padat di Makassar. Pasalnya lokasi tersebut merupakan kawasan Pantai Losari, salah satu obyek utama yang menjadi kunjungan warga di Makassar.

Tajuddin juga mengatakan, perbaikan tersebut akan berlangsung selama satu bulan dengan menghabiskan anggaran lebih dari Rp. 100 juta.  “Kita upayakan akan selesai dalam satu bulan kedepan,” ujarnya.

Sementara itu, penyebab amblasnya jalan tersebut diakibatkan oleh factor usia jalan dan cuaca buruk. Pasalnya hujan deras mengguyur Kota Makassar selama dua pecan terakhir membuat abrasi atau tanah yang berada di saluran air mengalami pengikisan akibat tergerus air deras.

Apalagi, saluran air ini diketahui telah berusia ratusan tahun, sebab dibangun pada Jaman Belanda menjajah Indonesia.

Perbaikan jalan tersebut menjadi bahan perhatian warga yang melintas. Akibat amblasnya jalan, akses jalan penghibur yang menuju Pantai Losari ditutup dan dialihkan ke Jalan Somba Opu, Makassar. [hsb]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU