Indra Wiragana

Surabaya, Seruu.com -  Selama tahun 2011 sebanyak 6 perusahaan di Jawa Timur (Jatim)  ditutup paksa oleh Pemprov Jatim karena melakukan pelanggaran lingkungan hidup.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Jatim, Indra Wiragana saat jumpa pers di kantornya, Senin (9/1/2012) mengatakan ada beberapa perusahaan di Jatim yang terpaksa ditutup karena melakukan pencemaran lingkungan hidup  dan tidak memiliki AMDAL dalam mendirikan perusahaan tersebut.

”Para pemilik perusahaan itu rupanya enggan mengurus AMDAL karena administrasi pengurusannya mahal sekali. Jadi mereka melakukan pelanggaran tersebut,” ujar mantan Kepala Biro Hukum Pemprov Jatim itu.

Indra Wiragana mengatakan 6 perusahaan tersebut terpisah dibeberapa daerah di Jatim diantaranya 3  di Banyuwangi, 2 di Pasuruan dan 1 di Jombang.

”Rata-rata mereka adalah perusahaan yang menjual produksi pengalengan ikan,” ungkapnya.

Dijelaskan Indra Wiragana modus perusahaan itu, dengan membuat saluran pembuangan melalui pipa-pipa paralon untuk membuang limbahnya dan menyalurkan limbahnya itu ke sungai” Mereka membuang limbah dengan merekayasa tempat pembuangan limbah,” pungkasnya. [yud]

KOMENTAR SERUU