Pasangan Firdaus MT - Ayat Yang Kembali Memenangkan Pilkada Ulang Kota Pekanbaru, Namun Kali Ini Kemenangannya Dibatalkan KPU

Pekanbaru, Seruu.com - Massa dari berbagai organisasi kemasyarakatan mengepung Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Kota Pekanbaru, Riau, Senin (9/1). Mereka menuntut pencabutan Surat Keputusan nomor 79/2011 tentang pengguguran salah satu calon wali kota terpilih, Firdaus MT.

Ratusan laki-laki dan perempuan memusatkan aksi unjuk rasa di Kantor KPU. Mereka mengecam tindakan ketua KPU setempat yang dianggap tidak netral dan lari dari jalur birokrasi. Selain itu, mereka menilai kepemimpinan Gubernur Riau terlalu arogan memberi dukungan terhadap istrinya, Septina Primawati Rusli, yang menjadi calon Wali Kota Pekanbaru.

"Kami mengecam Gubernur Riau. Kami juga mendesak agar secepatnya SK 79 tahun 2011 segera dicabut. Jangan sampai massa berbuat anarkis," kata seorang pendemo, Julizar, dalam orasinya menggunakan pembesar suara.

Aksi demonstrasi masyarakat ini mulai berlangsung sekitar pukul 09.00 WIB dengan pengawalan ketat sedikitnya 400 aparat kepolisian berpakaian dinas dan berpakaian preman.

Selain berorasi, ratusan massa juga membawa berbagai jenis spanduk yang menuliskan kata-kata mengecam berbagai pihak yang dianggap salah dalam menjalankan birokrasi politik.

Kepala Polresta Pekanbaru, Kombes Adang Ginanjar yang memimpin langsung aksi ratusan massa tersebut mengatakan pihaknya telah menerjunkan sebanyak 400 personel untuk mengantisipasi aksi demonstrasi politik tersebut.

"Kami siapkan sekitar 400 personel untuk mengantisipasi ancaman demo besar-besaran ini. Intinya, aksi unjuk rasa akan tetap kami kawal dengan baik asalkan tidak anarkis," katanya.

Aksi demonstrasi kali ini merupakan lanjutan atas aksi serupa pada Jumat (7/1) lalu, dimana sekitar 70 massa dari kalangan yang sama juga menggelar unjuk rasa di Kantor KPU Pekanbaru dengan tuntutan yang sama pula. [ndis]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: star goldstar goldstar goldstar goldstar gold (1 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU