Aceh, Seruu.com - Tower PLN Sigura-gura 354 di Desa Matang Sijuek Barat, Kecamatan Baktiya Barat, Aceh Utara ditemukan tumbang Minggu (8/1) dinihari sekitar pukul 02.30 WIB. Tower yang terletak di perbatasan Gampong Arongan Kecamatan Lhoksukon dengan Gampong Matang Sijuk Barat Kecamatan Baktia Barat tersebut ditenggarai sengaja digergaji oleh sekelompok orang misterius.

Kapolres Aceh Utara Ajun Komisaris Besar Polisi Farid BE mengungkapkan bahwa dilokasi kejadian pihaknya menemukan sejumlah barang bukti yang ditinggalkan pelaku, satu gergaji, botol oli dan tiga botol minuman kaleng. "Pelaku menggunakan gergaji untuk menumbangkan tower. Dari hasil rekam jejak kaki pelaku di duga berjumlah lima orang," katanya.

Sejauh ini belum diketahui secara pasti motif penumbangan dengan menggergaji tower penyuplai listrik dari Belawan-Sumatera Utara ke konsumen di PLN Aceh tersebut "Kami belum mengetahui motifnya dan akan terus menyelidiki kasus ini," ujar Farid.

Akibat tindakan bak sobotase tersebut, menurut Juru bicara PT PLN Aceh Said Mukaram mengakibatkan pasokan listrik dari Medan, Sumatera Utara ke Aceh terganggu, diantaranya Aceh Utara, Lhokseumawe, Bireuen, Bener Meriah, Aceh Tengah, Pidie, Pidie Jaya, Aceh Besar, dan Banda Aceh.    

"Dengan tumbangnya itu, berarti suplai listrik ke Aceh tergangu. Karena pasokan listrik kita masih bergantung pada Sumatera Utara. Jadi usaha kita, teman-teman di lapangan sudah bekerja. Dan manuver beban kita fungsikan, semua mesin sewa yang berada di titik-titik mesin sewa kita optimalkan sampai menunggu perbaikan tower itu" terangnya. [jf]

KOMENTAR SERUU