Mangetan, Seruu.com - Karena masalah himpitan ekonomi kakak beradik ini, Tuminem (40) dan Suminem (26), warga Desa Sidowayah, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur nekat mencuri 2,5 kilogram bawang merah di areal persawahan Desa Turi milik Suratin. Akibatnya dua perempuan ini terpaksa diamankan di Markas Kepolisian Sektor Panekan Sabtu (7/1).

Kepada polisi, Suminem mengaku memetik bawang merah sebanyak 0,5 kg, sedangkan Tuminem memetik sebanyak 2 kg karena tidak memiliki uang Dan bawang hasil curiannya tersebut rencananya mau dipakai sebagai bumbu masak. "Saya ambil setengah kilo kalau mbak Minem ambil 2 kg. Tapi sumpah mas saya baru sekali ini mencuri untuk kebutuhan bumbu dapur," kata pelaku sebelum dibawa ke mapolsek.

Menurut Kapolsek Panekan, AKP Sri Bagyo, aksi dua wanita kakak beradik ini kepergok memetik bawang merah milik Suratin yang hendak dipanen. Ulah mereka dipergoki Udin, pedagang yang membeli bawang milik Suratin.

"Saat itu, saksi melihat dua orang ibu sedang memetik bawang di sisi lahan lainnya. Saat didekati oleh pemilik lahan dan pedagang yang membelinya, keduanya melarikan diri," AKP Sri Bagyo kepada wartawan, Sabtu (7/1).

Setelah dilakukan pengejaran dan pengepungan, keduanya berhasil diamankan oleh para petani yang saat itu disewa untuk memanen bawang merah. Keduanya ditahan warga di Balai Desa Turi.

Polisi setempat yang mendapat laporan warga langsung mengamankan kedua pelaku dari kemungkinan amuk massa. Keduanya lalu dibawa ke Mapolsek Panekan untuk pemeriksaan lebih lanjut. "Meski hanya mencuri 2,5 kilogram bawang merah, kedua pelaku tetap kami tahan untuk proses hukum selanjutnya," ujar AKP Sri Bagyo. [an/aj]

KOMENTAR SERUU