Sampit, Seruu.com - Pesawat Merpati Nusantara Airlines  MA 60 tergelincir ke dalam tanah berlumpur di Bandar Udara Haji Asan Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah pada Sabtu (7/1).

"Pesawat dengan Kapten Pilot Saptono dan kopilot Fauldort tersebut baru mendarat dan akan berputar arah, namun Kapten Saptono terlalu mengambil jalur pinggir sehingga mengakibatkan ban sebelah kiri lepas dari landasan dan terperosok ke dalam tanah berlumpur," kata Kepala Seksi Keamanan dan Keselamatan Penerbangan Bandara Haji Asan Sampit, Harianto di Sampit, Sabtu (7/1).

Pesawat MA 60 dengan nomor penerbangan MZ 536 yang tergelincir pada pukul 15.45 WIB tersebut baru datang dari Bandara Juanda, Surabaya, Jawa Timur (Jatim) dengan membawa pemakai jasa sebanyak 60 orang yang terdiri dari 46 penumpang dewasa, 10 anak-anak, enam bayi dan enam orang crew.

Selain membawa 60 penumpang pesawat MA 60 juga membawa barang bagasi seberat 666 kilogram yang terdiri dari 65 koli, 86 kargo. Menurut Harianto, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut dan seluruh penumpang selamat.

Akibat kejadian tersebut Bandara Haji Asan Sampit saat ini ditutup sementara karena landasan pacu sebagian terhalang oleh badan pesawat. "Penutupan Bandara Haji Asan Sampit dilakukan hingga batas waktu yang tidak dapat ditentukan dan yang jelas sampai badan pesawat berhasil dievakuasi dari tanah berlumpur tersebut," katanya.

Hingga sekarang masih belum diketahui secara pasti pemicu terperosoknya pesawat jenis MA 60 tersebut. Kejadian terperosoknya pesawat MA 60 tersebut sekarang sudah dilaporkan ke Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan evakuasi pesawat rencanannya menunggu kedatangan tim KNKT dari Jakarta. [an]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU