Medan, Seruu.com - Dana Bantua Operasional Sekolah (BOS) untuk triwulan pertama tahun 2012 akan diluncurkan sebesar Rp 1,57  triliun dari 33 kabupaten/kota untuk sekolah-sekolah se-Sumatera Utara. Menurut Kepala Dinas Pendidikan Sumut, Drs. Syaiful Syafri MM peluncuran tersebut akan dilakukan Kamis (12/1) mendatang.

"Insyaallah mulai minggu depan, kita akan meluncurkan dana BOS kemasing-masing kabupaten kota," kata Syaiful saat menjadi narasumber di acara Pertemuan Majelis Pendidikan Al Wasliyah se Sumut yang digelar di Auditorium Asrama Haji Medan Kamis (5/01) kemarin.

Ia berharap dalam penyaluran dana BOS tersebut, diharapkan adanya kerjasama dari masing-masing Pemerintah Daerah agar dana Bos tersebut segera sampai kepada pihak sekolah. Dana Bos yang akan disalurkan sebesar Rp 1,57  triliun dari 33 kabupaten/kota untuk sekolah-sekolah se-Sumatera Utara.

“Komitmen Pemerintah Daerah dan sekolah-sekolah yang ada di kabupaten kota masih lemah untuk memajaukan pendidikan. Sehingga dan Bos sering sekali lama disalurkan," ujarnya.

Oleh karena itu ia meminta Pemda dan masing-masing sekolah juga harus memperhatikan kelengkapan data. Menurutnya pendataan merupakan kunci keberhasilan dunia pendidikan di Sumut. Selama ini dinilainnya pendataan sekolah terhadap jumlah siswa yang mendapatkan dana Bos juga belum dibuat secara lengkap.

Selain pendataan dana Bos, pendataan lainnya yang masih lemah dinilai Kadisdik adalah pendataan jumlah siswa, termasuk jumlah siswa miskin. Pendataan jumlah guru termasuk jumlah guru tersertifikasi.

"Pendataan guru sertifikasi kita masih lemah. Dan mayoritas guru yang mendapatkan sertifikasi juga belum membenahi dan meningkatkan kualitas mengajarnya," tuturnya. [jf]

KOMENTAR SERUU