Puing pesawat jatuh Charlie LD 3417

Magelang, Seruu.com – Rangka pesawat latih milik TNI AU jenis tandem Charlie nomor LD 3417 yang jatuh menabrak pematang sawah dan bukit di barat Kali Progo wilayah Dusun Jetis, Desa Kedungsari, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang (Jateng), Jumat (6/1/2012), kondisinya pecah dan terbelah.

 

Rangka pesawat hancur dan terbelah menjadi beberapa keping tersebar di bawah pohon, sawah dan di antara semak-semak di bukit. Sang pilot, Kapten Penerbang Ali Mustofa, ditemukan tewas setelah terpental dari pesawat, tidak jauh dari bangkai pesawat nahas itu.

Koordinator Basarnas, Prabowo, mengatakan, pesawat milik TNI AU Lanud Adisujipto itu baru selesai diservice dan hari ini Kapten Ali Mustofa melakukan uji coba terbang. Dari lokasi jatuhnya pesawat, ditemukan serpihan pesawat antara lain sayap dan bagian ekor tergeletak di dua titik pinggir sawah, dan bagian "cockpit" jauh di pekarangan.

Menurut Brigadir Doni, anggota Polsek Bandongan, yang turut mengevakuasi pilot, jenazah korban ditemukan masih di dalam cockpit. Untuk mengeluarkan jenazah harus membedah bagian cockpit.

Komandan Wing Pendidikan Terbang Lapangan Udara Adisucipto Yogyakarta, Letkol Penerbang M Khairil Lubis, mengatakan, pesawat berangkat dari landasan Adisucipto pukul 10.01 WIB. Saat itu, korban sedang melaksanakan latihan terbang rutin.

Sejauh ini belum diketahui apa penyebab jatuhnya pesawat. ”Kami hanya memastikan,  pesawat jatuh karena kecelakaan murni. Tetapi pesawat itu dalam kondisi layak terbang," kata M Khairil Lubis.

Sebelumnya dilaporkan, pesawat latih milik TNI-AU itu jatuh Jumat pagi sekitar pukul 10.30 WIB, yang berada di wilayah latihan terbang TNI-AU.

"Meninggal satu orang, krunya dia sendiri. Masyarakat juga tidak ada yang kena karena jatuh di persawahan," katanya.

Dia menuturkan, jenazah korban yang sebelumnya dilarikan ke RST Magelang saat ini sudah dipindahkan ke Jogja.

Ia menambahkan, Mustofa saat itu tengah melakukan misi terbang rutin flight proficiency, yang lepas landas dari Yogyakarta sekitar pukul 10.01 WIB. [py]

Tags:

Rating artikel: star goldstar goldstar goldstar goldstar gold (1 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar