Kampus Unsulbar
Pihak kampus dan pemerintah tidak bisa meyakinkan kami akan aspirasi yang kami usung. Makanya kami marah dan kembali ke kampus karena pertemuan itu sia-sia

Makassar, Seruu.com - Aksi penyegelan kampus Universitas Sulawesi Barat, Unsulbar, di kabupaten Majene berlangsung anarkis. Ratusan mahasiswa tersebut membakar sejumlah meja dan kursi kuliah di halaman kampus setempat.

Pembakaran sejumlah fasilitas perkuliahan ini berlangsung Kamis, (5/1/2012). Ratusan mahasiswa secara spontan mengambil sejumlah kursi dan meja, yang sebelumnya telah digunakan untuk memblokade seluruh ruangan kelas di kampus tersebut.

Kursi dan meja tersebut kemudian diangkat ke tengah halaman kampus dan dilempar ke dalam ban bekas yang sementara terbakar. Aksi ini leluasa mereka lakukan sebab tidak satupun pasukan keamanan yang terlihat mengawasi aksi mahasiswa tersebut. Sedangkan para petinggi rektrorat sudah tidak pernah kelihatan di kampus.

Menurut informasi yuang dihimpun, pembakaran fasilitas perkuliahan dipicu oleh kekecewaan mahasiswa usai berdialog dengan sejumlah pihak terkait dengan kampus Unsulbar. Mereka diantaranya pengelola yayasan Unsulbar, pejabat rektorat serta Wakil Gubernur Sulbar, Aladin S Mengga.

Dialog untuk mencari solusi terkait aspirasi mahasiswa berlangsung di Gedung Assamalewuang. Namun saying, pertemuan tersebut berakhir deadlock, sebab pejabat rektorat tidak bisa menjamin akan memenuhi tuntutan mereka dalam waktu dekat.

Adapun tuntutan mahasiswa adalah soal akreditasi sejumlah jurusan serta status Unsulbar menjadi perguruan tinggi negeri. “Pihak kampus dan pemerintah tidak bisa meyakinkan kami akan aspirasi yang kami usung. Makanya kami marah dan kembali ke kampus karena pertemuan itu sia-sia,” kata salah seorang pengunjuk rasa.

Sementara itu, menurut pengelola kampus, proses akreditasi sementara berjalan, termasuk perubahan status Unsulbar menjadi universitas negeri. Hal sama dikemukakan Wakil Gubernur Sulbar, Aladin Mwengga dihadapn mahasiswa. Ia bahkan berjanji akan berdialog kembali dengan mahasiswa untuk mencari solusi persoalan tersebut.

Ratusan mahasiswa Unsulbar memulai aksi mereka sejak Minggu lalu. Sejak itu, aktivitas perkuliahan lumpuh total. Mahasiswa bahkan mengancam akan terus menyegel Kampus Unsulbar hingga tuntutan mereka menemui jawaban.  [hsb]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: star goldstar goldstar goldstar goldstar gold (1 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU